POLRES TANAH DATAR LATIH PENERIMA BANTUAN PROGRAM KESELAMATAN 2020

iklan adsense
Polres Tanah Datar Latih Penerima Bantuan Program Keselamatan 2020 

TANAH DATAR, Pionir—Guna membantu masyarakat, khususnya kepada mitra lalu lintas yang terdampak virus corona atau Covid-19, Korlantas Polri meluncurkan Program Keselamatan Tahun 2020 Program tersebut berupa bantuan sosial yang disertai dengan pelatihan penanganan pencegahan Covid-19 dan pelatihan tertib berlalu lintas. 

Oleh karena itu mitra lalu lintas seperti pengemudi-pengemudi bus, taksi, truk, angkot, ojek konvensional, andong, becak, kernet, bajaj atau bemo, dan rental di seluruh Indonesia yang sudah terdata akan dibantu dengan Program Keselamatan 2020. 

Menurut catatan, ada sebanyak 197.256 orang yang sudah terdata oleh kepolisian di seluruh Polda untuk mendapat bantuan Program Keselamatan tersebut, yang nantinya akan mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. 

Untuk kabupaten Tanah Datar kata Iptu Fitry Dewi Utami, S.IK, Kasat Lantas Polres setempat pada Pionir, Senin 20 April 2020, telah melakukan pelatihan tahap I sejak tanggal yang 15 April 2020 dan berakhir pada 15 Mei 2020. 

“Program pelatihan Program Keselamatan 2020 untuk 400 peserta tahap pertama sudah dimulai dilaksanakan, tinggal menunggu beritanya untuk tahap kedua dan ketiga,” kata Iptu Fitry Dewi Utami. 

Ia mengatakan, untuk pemberian materi pelatihan dilaksanakan untuk sekali pertemuan 20 orang yang mana terbagi atas ojek konvensional, sopir bus/truk, sopir angkot dan pengemudi travel dan sopir rental. 

Program tersebut kata Iptu Fitry Dewi Utami menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo, mengenai program keselamatan Polri yang mengkombinasikan bantuan sosial dan pelatihan. 
Serta sebagai wujud dari Maklumat Kapolri Jendral Polisi Idham Azis yang menyatakan keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi Salus Populi Suprema Lex Esto, dan menerapkan aturan social distancing dan physical distancing dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Fitry Dewi Utami mengatakan, penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan serentak di 34 provinsi yang terbagi dalam 3 tahap, yaitu pada tahap I (15 April-15 Mei), Tahap II (16 Mei-15 Juni) dan Tahap III (16 Juni-15 Juli). “Penyaluran bantuan tersebut akan menggandeng Bank BRI,” katanya. 

Hal itu dilakukan kata Fitry Dewi Utami menambahkan, agar tetap dapat menetapkan anjuran physical distancing. Bantuan tersebut akan dikirim melalui buku tabungan dan kartu debit, dan masyarakat yang mendapatkan bisa langsung menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

"Kita berharap Program Keselamatan ini dapat berjalan tertib dan peserta yang mendapatkan bantuan ini pun tepat sasaran," kata Iptu Fitry Dewi Utami. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments