POLSEK SIKABALUAN BERSAMA TIM BANTU KORBAN BANJIR

Polsek Sikabaluan Bersama Tim Bantu Korban Banjir
 
MENTAWAI, Pionir--Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat membuat dua desa di daerah tersebut terendam banjir, yaitu Desa Bojakan dan Sotboyak, Kecamatan Siberut Utara. 

Untuk penaganan banjir yang terjadi di wilayah humum Polsek Sikabaluan itu, Kapolsek Iptu Umar Yani pada jam 10.00 WIB melakukan koordinasi dengan camat Siberut Utara, Agustinus Sab untuk penanganan banjir yang terjadi tersebut. 

“Untuk menanggulangi masalah banjir ini kita bagi tiga kelompok untuk melakukan peninjauan pada lokasi banjir yang bisa dijangkau antara lain, dusun Malancan desa Malancan, dusun Sibeutcoen desa Malancan serta desa Monganpoula. 

Kelompok pertama yang dipimpin Kapolsek Sikabaluan bersama angota melakukan peninjauan ke lokasi banjir di dusun Sibeutcoen dengan menggunakan mobil milik Taman Nasional Siberut. 

“Dari hasil peninjauan ke lokasi banjir di dusun ini di dapati air sudah surut secara keseluruhan dan tidak ada lagi yang menggenangi jalan dan lainnya,” kata Kapolsek Iptu Umar Yani. 
Dalam peninjauan tersebut Kapolsek memberikan bantuan sembako yang berasal dari BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sembako yang diberikan terdiri dari beras 30 kg, mie instan 5 karton dan air mineral 5 karton. 

Bantuan sembako tersebut diberikan kepada masyarakat melalui kepala dusun Sibeutcoen, Cornelius. Sementara camat Siberut Utara, Agustinus Sab yang memimpin kelompok ke 2 melakukan peninjauan lokasi banjir di dusun Malancan, desa Malancan. Dalam kunjungannya camat didampingi Bripka Mulyadi dan Bhabinkamtibmas desa Malancan, Brigadir Jumelius dan anggota tim lainnya. 

Dari hasil peninjauan ke lokasi banjir di dusun tersebut kondisi air juga sudah surut secara keseluruhan dan tidak ada lagi yang menggenangi jalan maupun rumah. Saat itu Camat Siberut Utara memberikan bantuan sembako berupa beras 20 kg, mie instan 5 karton dan air mineral 5 karton. 
Sedangkan peninjauan lokasi banjir di desa Monganpoula dipimpin oleh Sekcam Siberut Utara didampingi oleh Bhabinkamtibmas desa Monganpoula Brigadir Dwi Rianto dan tim. Dari hasil peninjauan ke lokasi banjir di desa itu kondisi banjir masih menggenangi seluruh rumah warga dengan ketinggian debit air sekitar 70 cm sampai dengan 1 meter. 

Sebagian warga sudah mengungsi ke tempat yang tidak terkena banjir dengan memanfaatkan fasilitas sekolah SDN 12 Monganpoula dan sebagian masih bertahan di rumah bagi warga yang memiliki rumah bertingkat. 

Saat itu Sekcam Siberut Utara memberikan bantuan sembako berupa beras 50 kg, mie instan 10 karton dan air mineral 10 karton kepada kepala desa Monganpoula. 

Dari data yang diperoleh Pionir, rumah atau kepala keluarga (KK) yang terkena banjir adalah, desa Muara Sikabaluan : 374 KK, desa malancan : 618 KK, desa Monganpoula : 287 KK, desa sotboyak : 190 KK dan desa Bojakan : 286 KK. Dalam musibah banjir ini tidak ada korban jiwa. 
BPBD kabupaten Kepulauan Mentawai telah mengirimkan sarana dan prasana yang memadai untuk jika sewaktu-waktu dapat dipergunakan dalam melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena banjir. 

Sementara Puskesmas Sikabaluan juga telah menyiapkan tim medis untuk melakukan pengobatan jika ada warga masyarakat yang sakit akibat dampak banjir. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.