ANTISIPASI COVID - 19, POLDA SUMBAR SIAPKAN KAMPUNG TANGGUH

iklan adsense
ANTISIPASI COVID-19, POLDA SUMBAR SIAPKAN KAMPUNG TANGGUH

PADANG PANJANG, Pionir--Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar. Namun daerah ini secara yuridis masuk wilayah hukum Kepolisisn Resor (Polres) Padang Panjang. Daerah yang terletak di kaki Gunung Marapi yang menawarkan panorama alam yang memukau, persawahan bertingkat, air yang jernih, dan suhu nan sejuk berpadu menjadi panorama alam menakjubkan itu kini tengah dipersiapkan Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H sebagai “Kampung Tangguh”. 

Irjen Toni Harmanto meyakini bahwa keberadaan Kampung Tangguh ini menjadi salah satu solusi tepat dalam mencegah penyebaran wabah corona di Indonesia umumnya dan Sumatera Barat khususnya. Bahkan kata Toni Hermanto pada Pionir, Selasa 16 Juni 2020, beberapa Kampung Tangguh telah mulai berdiri di setiap daerah di Jawa Timur. 

“Kampung tangguh itu, nantinya bisa mengedukasi dan melatih masyarakat dalam upaya pemutusan wabah covid-19," ungkap Toni. Saat ini kata Toni menambahkan, sudah dirancang “Kampung Tangguh” di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, yang termasuk dalam wilayah hukum Polres Padang Panjang. 

“Kampung Tangguh ini dipersiapkan untuk menghadapi tatanan normal baru atau new normal,” ungkap Toni. 

Sementara itu Kasubag Humas Polres Padang Panjang AKP Witrizawati kepada Pionir, Selasa siang 16 Juni mengatakan, Kampung Tangguh itu telah dilakukan pengecekan oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu, pada Senin 15 Juni 2020, didampingi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK, beserta Waka Polres Padang Panjang Kompol Hamidi, SH, Kabag Ops. Kompol Rudi Munanda, SH, MH, Kasubbag Dal Ops Res Padang Panjang, Kapolsek Batipuh beserta anggota dan Camat Batipuh beserta Pj Wali Nagari beserta perangkat Nagari Andaleh. 

“Saat itu bapak Satake Bayu didampingi bapak Apri Wibowo turun langsung mengecek lokasi ketahanan pangan di Kampung Tangguh tersebut,” kata Witrizawati. 
Pada hari itu kata Witrizawati menambahkan, Kabid Humas Polda Sumbar yang juga sebagai Ketua Tim/Pamatwil dan Kapolres Padang Panjang menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada masyarakat yang kurang mampu terdampak pandemi Covid-19 bertempat di Kantor Wali Nagari Andaleh. 

Kemudian dilanjutkan dengan melihat icon asal nama Nagari Andaleh yaitu pohon kayu Andaleh yang sudah berumur ratusan tahun yang tumbuhnya di tengah perkampungan Nagari Andaleh. 

Sebelum mengunjungi Kampung Tangguh di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh kata Witrizawati menjelaskan, rombongan dari Polda Sumbar yang dipimpin Kabid Humas Polda Sumbar sempat mengecek lokasi ketahanan pangan ladang bawang merah milik Kapolsek Batipuh Selatan Iptu Jhon Hendri, SH di Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto. 

Dikatakan, pada akhir kunjungannya, Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu meninjau Pasar Pusat Padang Panjang, menyaksikan lokasi pasar dan kesiapsiagaan anggota dalam penerapan new normal. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments