FORKOPIMCA SIPORA SALING KOORDINASI WUJUDKAN KAMPUNG TANGGUH

FORKOPIMCA SIPORA SALING KOORDINASI WUJUDKAN KAMPUNG TANGGUH  

MENTAWAI, Pionir—Kecamatan Sipora Utara, kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) telah siap untuk mendirikan Kampung Tangguh Nusantara yang mampu membentengi diri dari penyebaran Covid 19 di daerah itu. Namun agar semuanya berjalan seperti apa yang diinginkan pemerintah, perangkat kecamatan bersama Kepolisian Sektor (Polsek) Sipora melakukan koordinasi, Rabu siang 19 Juni 2020. 

Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra, SH.MH kepada Pionir, Kamis 19 Juni mengatakan, banyak hal yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung di kantor camat tersebut. 

“Kampung Tangguh yang akan didirikan di desa Tuapejat tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada di setiap daerah tersebut untuk dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Iptu Donny Putra. 

Donny mengatakan, dalam koordinasi itu juga dibicarakan tindakan awal apa yang harus dilakukan apabila ditemukan warga yang terkonfirmasi positif sampai dengan pengurusan dan pemakaman jenazah. 

Namun intinya kata Donny menambahkan dalam pembentukan Kampung Tangguh itu ada beberapa hal yang menjadi prioritas, yaitu ketahanan pangan/ekonomi, ketahanan medis dan ketahanan lingkungan (keamanan). 

Untuk ketahanan pangan meliputi ketersediaan bahan pokok yang dilihat dari pasokan di lumbung padi dan suplay maupun sumbangan dari masyarakat. 

Kemudian kata Donny, Kampung Tangguh juga harus memiliki ketahanan medis meliputi siapnya tenaga medis, peralatan medis dan obat-obatan terkait Covid-19. Selain itu kampung tangguh juga memiliki tempat isolasi dan observasi. 

 “Sementara itu, ketahanan lingkungan juga harus diperhatikan dalam mendorong untuk peningkatan kegiatan Poskamling serta dibuatnya SOP terkait keamanan Kampung Tangguh. 

Misalnya SOP keluar masuk warga, buku mutasi perjalanan warga, buku jaga dan buku tamu,” beber Iptu Donny Putra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.