POLSEK SIPORA PANTAU PERSIAPAN SHALAT IED DAN PENYEMBLIHAN HEWAN KURBAN

iklan adsense
POLSEK SIPORA PANTAU PERSIAPAN SHALAT IED DAN PENYEMBLIHAN HEWAN KURBAN

MENTAWAI, Pionir--Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini jatuh pada Jumat 31 Juli 2020. Namun lantaran Idul Adha kali ini bersamaan dengan mewabahnya virus corona atau Covid-19, jadi perayaan Idul Adha kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Seperti biasa saat Idul Adha umat Islam akan menjalankan ibadah menyembelih hewan kurban. Namun, mengingat pandemi Covid-19 masih mewabah, penyembilah hewan kurban itu harus memenuhi protokol kesehatan.

 Untuk memastikan apakah pelaksanaan shalat ied serta penyemblihan hewan kurban di wilayah hukumnya sudah memenuhi standar protokol kesehatan, pada Kamis 30 Juli 2020 Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra SH, MH memerintahkan Bhabimkamtibmas Bripka Wahyuda untuk melaksanakan gotong royong bersama panitia qurban dan jemaah masjid besar Nurul Iman Sioban dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan ibadah shalat ied dan penyembelihan hewan qurban agar tetap mempedomani protokol kesehatan. 

Saat itu kata Donny menjelaskan, Bhabimkamtibmas tak lupa mengingatkan masyarakat agar tidak berkumpul menyaksikan penyembelihan hewan kurban, sapi atau pun kambing.

"Protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 wajib dipatuhi oleh para penjual hewan kurban, pembeli, hingga penyembelih," ungkap Donny mengingatkan. 
Sebenarnya kata Donny mejelaskan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengumumkan aturan dan tata cara menyembelih hewan kurban saat Idul Adha di tengah pandemi virus corona. 

"Kementerian Pertanian (Kementan) telah merilis aturan dan tata cara kurban Idul Adha di tengah Covid-19. 

Diharapkan, penjual dan pemotong hewan kurban harus menaati sejumlah protokol kesehatan nasional saat saling berinteraksi," kata Donny menjelaskan. 

Dikatakannya, ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non-alam Corona Virus Disease atau Covid-19. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments