WAKAPOLSEK SIKAKAP INGATKAN KEPALA DESA SAAT MUSDES

WAKAPOLSEK SIKAKAP INGATKAN KEPALA DESA SAAT MUSDES

MENTAWAI, Pionir—Senin 27 Juli 2020 itu masyarakat desa Sikakap, kecamatan Sikakap, kabupaten Kepulauan Mentawai tengah membahas susuatu yang penting untuk kemajuan desa tersebut. Sebab pada hari itu pemerintah desa setempat melaksanalan Musyawarah Desa (Musdes). 

Kegiatan Musdes ini, selain diikuti Sekcam Sikakap dan Kapuskesmas Sikakap serta para kepala dusun dari desa Sikakap, juga diikuti Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi. SH yang diwakili oleh Waka Polsek Ipda Yanuar bersama Kanit Intel Aiptu Peris Wardoyo dan Bhabinkamtibmas Desa Sikakap Brigadir Azriardi. 

Kata Ipda Yanuar pada Pionir Selasa siang, 28 Juli 2020, sesuai dengan UU Desa pasal 54, Musyawarah Desa (Musdes) ini wajib diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk mendiskusikan dan memutuskan hal-hal strategis desa. Menurut Yanuar, ada hal strategis desa yang harus dibahas ketika muncul dan atau dibutuhkan desa, seperti pendirian/pembubaran BUMDesa, pengelolaan/pelepasan/pemberian aset desa, kerja sama antar desa dan pembahasan RPJMDesa. 

“Ada masalah strategis yang harus dibahas secara tahunan yaitu menetapkan prioritas belanja desa berdasarkan kebutuhan masyarakat dan pertanggung jawaban pelaksanaan pembangunan kegiatan tahun sebelumnya. Ya..., pembahasannya adalah melalui Musdes ini,” terang Yanuar. 

Ditambahkan Yanuar, Musdes sangat penting dalam mewujudkan demokrasi berlandaskan musyawarah, dimana keputusan-keputusan penting menyangkut kehidupan warga desa tidak hanya diputuskan oleh pemerintah desa melainkan oleh seluruh komponen masyarakat. 
Pada kesempatan tersebut kata Yanuar menambahkan, ia juga mengingatkan para kepala desa atau kepala dusun agar dalam menggelola angaran pembanggunan yang berasal dari anggaran dana desa (ADD) benar-benar tepat sasaran dan jangan ada penyelewengan sekecil apapun. 

“Karna setiap kegiatan yang dilaksanakan akan kita awasi melalui Bhabinkamtibmas. Kami berharap jangan ada diantara kepala desa maupun kepala dusun nantinya yang terjerat hukum,” kata Yanuar mengingatkan. 

Yanuar juga meminta kepala desa dan kepala dusun untuk sama-sama menjaga Kamtibmas di lingkungannya masing-masing, terutama tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.