CEGAH PENULARAN VIRUS CORONA DENGAN PAKAI MASKER

CEGAH PENULARAN VIRUS CORONA DENGAN PAKAI MASKER 

PARIAMAN KOTA, Pionir-- Imbauan menggunakan masker di tengah pandemi Virus Covid-19 tidak boleh disepelekan. Meski tidak bisa digunakan untuk mencegah seluruh virus, tapi penggunaan masker bisa menurunkan kerasnya gejala saat terinfeksi virus tersebut.

Melansir dari South China Morning Post, infeksi Virus Covid-19 berbeda dengan infeksi virus flu. Puncak infeksi virus flu terjadi satu hari setelah gejala muncul. Sedangkan orang yang terinfeksi Virus Covid-19 bisa mengalami puncak infeksi tanpa gejala apapun. 

Virus Covid-19 bisa keluar dari mulut atau hidung orang-orang yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Para peneliti mengatakan bahwa fakta itulah yang membuat cara pencegahan Virus Covid-19 berbeda dengan virus flu biasa. 

Menggunakan masker memberikan perlindungan utama bagi penggunanya. Masker bisa menyaring partikel virus sehingga sangat penting untuk dipakai, kata Brigadir Dicky Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Timur, Polsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Kota saat melakukan giat Door To Door Systim (DDS) dengan warga Simpang Empat Toboh Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis 3 November 2020. 

Ia mengatakan, saat pandemi sekarang ini, penggunaan masker tidak lagi menjadi suatu kewajiban, tapi sudah menjadi suatu keharusan yang harus digunakan untuk memutus penyebaran virus corona atau covid-19, katanya. 

Dijelaskanya, penggunaan masker dapat menghambat terjadinya transmisi virus melalui udara. Hal ini dikarenakan masker dapat menampung virus yang keluar ketika seseorang berbicara, batuk, dan bersin dari hidung atau mulut sehingga virus yang keluar tidak akan bertransmisi, ungkapnya

Lanjut Brigadir Dicky menjelskan, virus  (Covid-19) akan tertampung oleh masker kalau kita menggunakan dengan baik dan benar, katanya menjelaskan.

Ia juga menekankan bahwa pencegahan terjadinya transmisi Covid-19 melalui udara adalah dengan tetap menggunakan masker, dan disiplin menerapakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.  

Selain penggunaan masker, penerapan protokol kesehatan dengan physical distancing atau jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir serta tidak menyentuh wajah sebelum melakukan cuci tangan juga penting untuk dilakukan, ungkapnya (frm)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.