KAPOLRES PARIAMAN DAMPINGI TIM PAMATWIL OMP SINGGALANG MELAKUKAN PENGECEKAN TPS 

KAPOLRES PARIAMAN DAMPINGI TIM PAMATWIL OMP SINGGALANG MELAKUKAN PENGECEKAN TPS 

PARIAMAN KOTA, Pionir—Dalam kondisi pandemi Covid-19 pada saat ini, ada beberapa Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang menjadi indikator pengawasan bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama TNI-Polri. 

Oleh sebab itu untuk pelaksanaan Pilkada di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana M.Psi bersama Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko, pada hari Rabu 9 Desember 2020 ikut mendampingi Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Operasi Mantap Praja (OMP) Singgalang 2020 melakukan pengecekan pemungutan suara di TPS seputaran wilayah hukum Polres Pariaman. 

Kata AKBP Deny Rendra Laksmana, Indeks Kerawanan Pilkada pada saat pemilihan di tengah pandemi tersebut terdapat pada, pertama penyelenggara pilkada terinfeksi Covid-19. 

“Jadi kami secara berjenjang selalu menginformasikan kejajaran yang lebih tinggi terkait penyelenggara, baik di tingkat desa dan kelurahan yang terinfeksi Covid-19, dan ini sudah kita petakan Alhamdulillah untuk Kota Pariaman belum ada yang menimpa penyelenggara Pilkada,” kata Deny Rendra Laksmana. 

Indeks Kerawanan Pilkada yang kedua kata Deny Rendra Laksmana menambahkan, adalah penyelenggara pilkada yang meninggal karena Covid-19. “Ini kita petakan juga,” ujar Kapolres Kota Pariaman ini. 

Kerawanan yang ketiga kata Deny, penyelenggara pilkada yang tidak melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas. “Jadi ketika DPR dan pemerintah beserta penyelenggara sepakat untuk melanjutkan pilkada di tengah pandemi ini salah satu syaratnya itu adalah penyelenggara melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan,” ungkap Deny. 

Kemudian Indeks Kerawanan Pilkada yang ke empat adalah terjadinya lonjakan pasien Covid-19. “Seperti yang kita ketahui bersama beberapa waktu lalu di Kota Pariaman terjadi lonjakan pasien terinfeksi Covid-19. 

Terkait hal itu kata AKBP Deny Rendra Laksmana, Bawaslu bersama TNI-Polri terus mengawasi penyelenggara pilkada sampai ke tingkat desa dan kelurahan yang harus dibekali dengan alat pelindung diri. 

“Para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga berikan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Semoga dengan upaya yang telah dilakukan itu Panitia Pemungutan Suara beserta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara terhindar dari penularan Covid-19,” harap AKBP Deny Rendra Laksmana.

Pada kesempatan itu Kapolres Pariaman ini juga tak lupa meminta Satuan Binmas agar selalu memberikan imbauan kepada masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments