KAPOLSEK IV ANGKAT CANDUNG KOORDINASI DENGAN PIHAK BANK

KAPOLSEK IV ANGKAT CANDUNG KOORDINASI DENGAN PIHAK BANK

BUKITTINGGI, Pionir—Kejahatan skimming atau pencurian dana nasabah bank melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dan kejahatan perbankan lainnya telah menjadi ancaman nyata. Bahkan telah menimbulkan korban di beberapa daerah di Indonesia.

Untuk mengantisipasi hal itu pada Rabu 20 Januari 2021 jam 10.50 WIB, Kapolsek IV Angkat Candung AKP Purwanta SH bersama Wakapolsek Iptu Erman, SH dan Kanit Provos Ipda Agus Salim melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan pihak bank yang ada di wilayah hukumnya, seperti Bank BRI Unit Biaro dan Bank BPRS Ampek Angkek Candung.

Kata Purwanta, meski kejahatan skimming belum pernah terjadi di wilayah hukumnya, namun Polsek IV Angkat Candung tetap menganggap ancaman skimming suatu waktu bisa terjadi di wilayah hukumnya itu.

“Kejahatan skimming sangat mungkin terjadi di Polsek IV Angkat Candung. Untuk itulah kita sengaja berkoordinasi dengan pihak bank,” kata Purwanta.

“Alhamdulilah, belum ada skimming di wilayah hukum Polsek IV Angkat Candung. Kami terus waspada walaupun belum ada. Jangan sampai ini terjadi,” ujar Purwanta.

Purwanta mengatakan, sebagai bentuk kewaspadaan, Polsek IV Angkat Candung akan menempatkan personel di kawasan yang diduga rawan terhadap kejahatan skimming. Demikian juga dengan patroli di mesin ATM. Sehingga jika ada kemungkinan terjadi tindak kejahatan skimming bisa segera diketahui.

Ia pun berharapo, dengan koordinasi tersebut, pihak bank bisa segera melaporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan. “Kalau ada hal yang mencurigakan, kami akan segera tahu. Jadi bisa langsung kami tindak,” tegas Purwanta.

AKP Purwanta pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Dengan upaya bersama antara pihak kepolisian, perbankan dan masyarakat, maka kejahatan skimming bisa diantisipasi sedini mungkin, katanya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments