KAPOLSEK SIKAKAP BUKTIKAN PENGABDIAN DI DAERAH TERLUAR

KAPOLSEK SIKAKAP BUKTIKAN PENGABDIAN DI DAERAH TERLUAR


MENTAWAI, Pionir—Kendati wilayah hukum Polsek Sikakap, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) cukup luas meliputi Pagai Utara, Pagai Selatan dan Sikakap, namun hal itu tak mengurangi niat Kapolsek Sikakap, AKP Tirto Edhi untuk melakukan pengabdian.

Ini dibuktikan oleh pria yang sebelumnya sudah empat kali menjabat sebagai Kapolsek ini semenjak ia mulai menjabat di Sikakap itu sejak bulan Juni 2020 lalu.

Tidak hanya memiliki wilayah hukum yang luas, tapi daerah tempat Tirto Edhi kali ini menjadi Kapolsek pun dikenal memiliki medan yang berat, dengan kondisi jalan becek dan berlobang dan masih banyak jalan yang melalui kawasan hutan belantara.

Lagi-lagi fakta itu tak mengurangi niat Tirto Edhi bersama personelnya untuk melakukan pengabdian dengan tulus dan penuh tanggung jawab.

AKP Tirto Edhi yang sempat diwawancarai Pionir, Kamis 28 Januari 2021 mengatakan, sudah menjadi konsekwensi bila bertemu berbagai tantangan saat mendapat tugas di daerah terluar.

“Seperti dalam konsep filosofi Tionghoa tentang Yin dan Yang, setiap keburukan pasti memiliki hal baik di dalamnya. Begitu pula dengan masalah yang sedang Anda alami. Tantangan tersebut akan memberikan pengalaman berharga dan kesempatan untuk bisa menjadikan Anda sebagai pribadi yang jauh lebih baik,” kata Tirto Edhi berolosofi.

Untuk itu kata Tirto Edhi, jika kita sedang berada di masa yang kurang mengenakkan, jadikan momen tersebut untuk menempa diri agar lebih kuat dalam menghadapi kehidupan di masa depan. 

Ternyata apa yang dikatakan Tirto Edhi tersebut bukan sekedar dikomat-kamitkannya saja, tapi benar-benar dibuktikannya. Paling tidak pada kesempatan awal tahun 2021 lalu ia berbagi waktu dinasnya ke Kecamatan Pagai Selatan yang harus menempuh jalan cukup jauh dan masih belum normal sebagai yang dirasakan daerah lainya, sehingga memerlukan waktu lama, apabila lagi kalau cuaca hujan datang, personil berfikir dua kali kapan waktu yang pas bisa mendatangi ke lokasi atau wilayah tersebut.

“Memang cukup berat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam merespons dengan segera setiap pengaduan masyarakat. Hal ini disebabkan wilayah Pagai Utara dan Pagai Selatan harus menempuh jalan yang jauh dan  masih belum normal,” kata Tirto Edhi.

Belajar pada fakta itu kata Tirto Edhi menambahkan, tahun ini ia punya program berbagi waktu untuk wilayah Pagai Utara dan Pagai Selatan tersebut.

Dikatakan AKP Tirto Edhi setiap mendatangi Pagai Selatan ia selalu membawa personilnya terutama Kanit Binmas Bripka Silvester dan para Bhabinkamtibmas, dimana Bripka Silvester adalah polisi asal Mentawai, guna membantu personel Polsek Sikakap untuk beradaptasi dengan situasi kearifan lokal, terutama dalam bahasa, sehingga dalam penyelesaian masalah dapat teratasi dengan dengan adanya Polisi asal Mentawai.

Bahkan dalam menjalankan tugas ke daerah Pagai Selatan, tak jarang pula Tirto Edhi harus bermalam di rumah masyarakat sehingga masyarakat Pagai Selatan. Tak mengherankan pula bila lantaran sering bermalam di rumah warga, AKP Tirto Edhi semakin mudah berkoordinasi dengan Camat Pagai Selatan, Andar Sabelau.

Kepada Camat Pagai Selatan AKP Tirto Edhi meminta agar dicarikan pos sementara, guna  menugaskan beberapa personel Polsek Sikakap untuk selalu stand by di pos tersebut. Dengan demikian akan membantu kecepatan pelayanan kepada masyarakat dan masyarakat pun tidak lagi harus ke Sikakap kalau membuat pengaduan ataupun laporan, karena personel Polsek sudah standby di daerah. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments