KASAT SAMAPTA PANTAU KEGIATAN VAKSINASI DI PUSKESMAS GUNUNG

KASAT SAMAPTA PANTAU KEGIATAN VAKSINASI DI PUSKESMAS GUNUNG


PADANG PANJANG, Pionir--Sebanyak 411 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) sudah menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Secara keseluruhan nakes yang akan menerima vaksinasi ditargetkan sebanyak 1.460 orang.

Dari data yang diperoleh Pionir, jumlah Nakes yang datang ke fasilitas kesehatan untuk divaksinasi Covid-19 sejak 3 Februari 2021 hingga Senin 8 Februari 2021 lalu sebanyak 637 orang.

Namun dari 637 yang mendatangi fasilitas kesehatan, tidak semuanya bisa divaksinasi, karena ada yang mengalami hipertensi, sedang menyusui dan tidak memenuhi persyaratan lainnya.

Pemberian vaksin ini dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai pada 21 Februari 2021 mendatang. Vaksinasi Covid-19 dilakukan di enam fasilitas kesehatan, yaitu di RSUD, RS Ibnu Sina, Puskesmas Gunung, Koto Katik, Bukit Surungan dan Puskesmas Kebun Sikolos.

Dari pantauan Pionir, pada Kamis 11 Februari telah berlangsung penyuntikan vaksin Covid-19 di UPT Puskesmas Gunung, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang. Kegiatan vaksinasi ini dipantau langsung oleh Kasat Samapta Polres Padang Panjang AKP Winedri, SP,d. MH bersama beberapa personel lainnya.

Kepada Pionir AKP Winedri, mengatakan, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin kepada Nakes Gunung ada empat tahapan yang harus dijalani, yaitu ; Pendaftaran, pemeriksaan fisik dan skrining, pemberian/penyuntikan vaksin, observasi setelah pemberian vaksin serta edukasi dan penyerahan kartu vaksin.

"Sebelum diberikan vaksinasi kan ada persyaratan yang harus dipenuhi. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka pemberian vaksinnya akan ditunda terlebih dahulu,” ujar AKP Winedri. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments