POLSEK BATIPUH POLRES PADANG PANJANG KAWAL PENDISTRIBUSIAN SAMPAI PROSES PENYUNTIKAN VAKSIN COVID-19

iklan adsense

POLSEK BATIPUH POLRES PADANG PANJANG KAWAL PENDISTRIBUSIAN SAMPAI PROSES PENYUNTIKAN VAKSIN COVID-19

PADANG PANJANG, PIONIR--- Kamis 11 Februari 2021, Kapolsek Batipuh Iptu Urip Indra Jaya SH bersama personilnya  mengawal penstribusian Vaksin Covid-19 ke puskesmas Batipuh.

Pengawalan pendistribusian Vaksin Covid-19 tahap satu itu dilakukan secara ketat bersama petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar. 

Pengawalan dilakukan  dimulai dari proses pengangkutan hingga penyerahan di puskesmas tujuan.

Kapolsek Batipuh Urip Indra Jaya SH mengatakan, proses pendistribusian dan penyimpanan vaksin sesuai persyaratan produk rantai dingin, sehingga tetap dapat menjaga keamanan dan mutu dari vaksin itu. Salah satunya dengan memeriksa suhu penyimpanan sebelum vaksin diangkut hingga diterima di puskesmas tujuan serta penyimpananya, katanya

Dikatakan Urip, selama pendistribusian vaksin Covid-19, suhu pengiriman dan suhu penerimaan vaksin masih dalam rentang suhu penyimpanan yang dipersyaratkan, yaitu 2-8 derajat celcius, katanya

Kata Urip Indra Jaya  pengamanan proses vaksinasi oleh personilnya itu bertujuan untuk kelancaran dan menghindari terjadinya gangguan keamanan saat vaksinasi.

Dikatakanya, pada hari yang sama pihaknya juga melakukan pengamanan proses penyuntikan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Batipuh I dan Puskesmas Batipuh II, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

Proses penyuntikan vaksin itu diawali dari  pendaftaran, pemeriksaan fisik dan skrining. Apabila tidak lolos dalam pemeriksaan fisik dan skrining seperti kondisi tubuh demam atau tensi tidak normal, maka pelaksaan vaksinasi itu ditunda. Dan apabila ada penyakit bawaan atau penyerta maka tidak bisa dilakukan vaksinasi, katanya.

Kemudian kata Urip Indra Jaya dilanjutkan dengan pemberian/penyuntikan vaksin, setelah itu baru dilakukan observasi setelah di observasi kata Urip menjelaskan, selanjutnya  petugas melakukan edukasi kepada peserta vaksin dan penyerahan kartu vaksin, katanya.

Lebih lanjut Urip mengatakan, pada saat itu tenaga kesehatan dari Puskesmas  Batipuh I mendapatkan suntikan vaksin berjumlah 18 orang, sedangakan di Puskesmas Batipuh II kata Urip mendapat suntikan vaksin sebanyak sepuluh orang, tapi yang terlaksana hanya tujuh orang, sisanya sebanyak tiga orang batal dikarenakan hasil skrening kesehatan mereka tidak memenuhi syarat untuk di vaksin diantaranya tensi tinggi, dan asamurat, ungkapnya

Urip Indra Jaya menegaskan, pihaknya terus mengawal Vaksinasi Covid-19 ini sampai tahap penyuntikan, sehingga prosesnya aman dan berjalan lancar, katanya

Ia pun menambahkan, hal ini sebagai bentuk dukungan Polri atas program pemerintah terkait Vaksinasi Covid-19, ungkapnya

Lanjut Urip mengatakan, dengan adanya vaksin diharapkan dapat mengatasi pandemi saat ini, dan bagi masyarakat dihimbau untuk tetap selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Pungkasnya.(Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments