KAPOLSEK BATIPUH EVAKUASI RUMAH WARGA TERENDAM BANJIR

 

KAPOLSEK BATIPUH EVAKUASI RUMAH WARGA TERENDAM BANJIR

PADANG PANJANG, PIONIR--- Jorong Kubu Kerambil Nagari Batipuh Baruh Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali dihantam banjir bandang sehingga menyebabkan sebagian  rumah warga tergenang oleh air dan lumpur. Rabu 3 Maret 2021 Pukul 19.30

Hujan deras yang mengguyur sebagian daerah Kabupaten Tanah Datar, mengakibatkan air irigasi yang dialiri air dari sungai Buluh itu meluap serta puluhan hektar sawah dan 11 rumah warga dan satu Mushalla terendam banjir.

Luapan air irigasi tersebut membuat warga setempat sempat panik. Warga yang rumahnya terendam banjir itu harus menyelamatkan barang-barang penting agar tidak terkena banjir.

Kapolsek Batipuh Iptu Urip Indra Jaya. SH mengatakan sejak pagi intensitas curah hujan cukup tinggi di Kabupaten Tanah Datar dan sekitarnya menyebabkan air irigasi yang dialiri  Sungai Buluh itu menumpuk sehingga membentuk embung dengan dinding yang begitu tipis.

Ketika dinding air tidak kuat lagi menahan genangan air, akhirnya jebol dan tumpah. tumpahan air ini membawa material pasir, tanah, batu dan kayu-kayu besar ke arah pemukiman warga di Jorong Kubu Kerambil Nagari Batipuh Baruh mengakibatkan 11 rumah warga dan satu Mushalla digenangi air beserta lumpur, katanya.

"Karena hujan dengan intensitas tinggi, embung air itu tumpah dan membawa pasir, batu, kayu tebangan dan kayu yang tumbang sampai ke pemukiman masyarakat untung saja dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, kata Urip Indra Jaya pada Pionir.

Dikatakan Urip saat ini pihaknya telah berkoordinasi serta menyarankan kepada BPBD Nagari Batipuh Baruh agar tetap memonitor perkembangan situasi mengingat curah hujan cukup tinggi sekaligus melalukan pengecekan terhadap warga yang terkena dampak dari luapan tersebut, serta menyediakan tempat evakuasi sementara apabila genangan air masih memasuki rumah warga khususnya di Jorong Kubu Kerambil Nagari Batipuh Baruh Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar, Pungkasnya. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments