KASI HUMAS POLSEK SUNGAI GERINGGING HIMBAU WARGA WASPADA BENCANA

KASI HUMAS POLSEK SUNGAI GERINGGING HIMBAU WARGA WASPADA BENCANA 

PARIAMAN KOTA, Pionir--- Kamis 25 Maret 2021 Ps. Kasi Humas, Polsek Sungai Geringging, Polres Pariaman Kota Aiptu M.Yaidil Anwar melakukan sambang dan silahturahmi pada masyarakat diwilayah hukumnya di Korong Sungai Sirah, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam giat sambang dan silaturahmi itu Ia mengingatkan pada warga agar selalu waspada dan hati hati, karena situasi cuaca saat ini tidak menentu dan curah hujan yg tinggi berkemungkinan dapat terjadinya tanah longsor. Untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, kita imbau warga untuk selalu waspada dan siaga.

Kata Aiptu M.Yaidil Anwar hujan dengan intensitas tinggi akan berdampak pada terjadinya tanah longsor dan banjir, karena itu warga diminta untuk memperhatikan lingkungan tempat tinggal, katanya

“Masyarakat harus siaga menghadapi ancaman bencana alam, mengingat intensitas hujan pada beberapa bulan ke depan cukup tinggi dan dalam tenggat waktu lama, karena itu warga diminta untuk memperhatikan selokan dan jalur air, dan tidak membuang sampah ke sungai dan lereng gunung agar terhindar dari potensi bencana banjir dan tanah longsor,” katanya.

Aiptu M.Yaidil Anwar menjelaskan, Kecamatan Sungai Geringging  merupakan kawasan rawan bencana banjir dan longsor, karena sebagian kawasan topografi berbukit dan dekat dengan jalur sungai.

Menurut dia, wilayah Kecamatan Sungai Geringging  50 persen topografi berbukit yang rawan bencana tanah longsor, selain itu terdapat sungai besar yang juga berpotensi banjir.

“Aliran sungai itu berdekatan dengan pemukiman warga, sedangkan kawasan yang berbukit juga berada pada posisi kemiringan yang bisa menimbulkan bencana longsor, karena itu masyarakat diminta untuk jauhi daerah rawan bencana itu agar terhindar dan terlindungi dari bencana,” ujarnya, (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments