TNI - POLRI DI MENTAWAI AWASI PELABUHAN DAN BANDARA DENGAN KETAT

TNI - POLRI DI MENTAWAI AWASI PELABUHAN DAN BANDARA DENGAN KETAT

MENTAWAI, Pionir—Dari sekian banyak daerah yang begitu ketat melakukan pengawasan lalu lintas orang masuk ke daerahnya, salah satu diantaranya adalah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Di kabupaten ini TNI dan Polri betul-betul bersinergi dan bekerja keras melakukan pengawasan lalu lintas baik orang maupun barang yang masuk lewat laut ke daerah tersebut.

Bahkan sebegitu ketatnya daerah ini melakukan pengawasan lalu lintas orang dan barang masuk ke daerahnya, hampir dalam setiap kegiatan di Pelabuhan Tuapejat maupun Bandara Rokot selalu disua Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Mu’at SH, MM bersama Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto S.T,M. Tr.

"Agar Covid-19 tidak masuk ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, kita bersama TNI dan Satgas Covid-19 harus ketat melakukan pengawasan terhadap warga yang masuk dan keluar Kabupaten Kepulauan Mentawai, hal ini untuk antisipasi penyebaran penularan Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Mu’at pada Pionir, Minggu sore 21 Maret 2021.

Selain itu, kata Mu'at menambahkan, baik TNI, Polri dan Satgas Covid-19 juga mengimbau setiap desa, dusun dan kecamatan harus ada posko-posko pengawasan Covid-19. Posko-posko tersebut letaknya di setiap dermaga-dermaga penyeberangan, seperti pelabuhan Muara Padang, dan Pelabuhan Bungus Padang guna mengawasi setiap orang yang akan datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Sementara dermaga yang ada di kecamatan-kecamatan pengawasan diserahkan sepenuhnya kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 kecamatan,” katanya.

Mu'at mengatakan hal itu penting dilakukan, karena dermaga merupakan pintu masuk bagi orang yang akan datang ke Mentawai. "Kalau pintu masuk tidak diawasi dengan ketat tentu daerah kita Kabupaten Kepulauan Mentawai terancam virus yang sangat mematikan itu," tegas Mu'at.

Mu'at mengakui ia tidak ingin ada korban jiwa yang disebabkan oleh Covid-19. "Agar usaha kita tidak sia-sia Maka TNI, Polri dan Satgas Covid-19 terus melakukan check point di pelabuhan, dermaga mupun Bandara," ujar Mu'at.

Mu'at menegeskan, TNI dan Polri di Kabupaten Kepulauan Mentawai sepakat untuk memperketat pintu masuk Pelabuhan Tuapejat maupun Bandara Rokot dengan mewajibkan setiap orang membawa surat keterangan bebas Covid-19 berbasis rapid test.

Karena itu kata AKBP Mu'at menambahkan, setiap kapal atau orang yang datang akan didata, dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dan penumpangnya disuruh cuci tangan dengan air mengalir serta diwajibkan pakai masker. 

"Bahkan pada Minggu 21 Maret sekitar jam 04.30 WIB kita bersama anggota TNI Baru saja melakukan check point terhadap kapal yang Baru datang di pelabuhan Tuapejat," ujar AKBP Mu'at. (Firman Sikmbang)

Post a Comment

0 Comments