POSKO PPKM MIKRO TERBENTUK DI DESA SAUREINU

POSKO PPKM MIKRO TERBENTUK DI DESA SAUREINU

MENTAWAI, Pionir—Seperti diketahui beberapa waktu lalu Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran No. 9 Tahun 2021 tentang Ketentuan Pembentukan Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 dalam rangka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di tingkat desa/kelurahan (PPKM Mikro). 

Pembentukan Posko Covid-19 ini untuk penanganan pandemi mulai dari hulu yaitu dengan upaya pencegahan. Posko ini dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi perkembangan kasus Covid-19 di tingkat mikro, khususnya selama PPKM Mikro. 

Ternyata Surat Edaran No. 9 Tahun 2021 ditindaklanjuti pula oleh Kapolsek Sipora, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Donny Putra, SH. MH. Buktinya pada Sabtu 17 April 2021 Kapolsek memerintahkan Bhabinkamtibmas Desa Saureinu Kecamatan Sipora Selatan Brigadir Agusman Efendi untuk membentuk Posko PPKM Mikro bersama-sama dengan kepala desa dan perangkat Desa Saureinu yang terletak di areal Kantor Desa Sioban.

Kata Donny Putra pada Pionir mengatakan posko yang dibentuk tersebut sangat berguna nantinya untuk pencegahan atau pengendalian penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir.

“Untuk kepengurusan dari posko tersebut diketuai langsung oleh Kepala Desa dan di dalamnya terdiri dari unsur perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang nantinya akan bersama-sama bekerja guna pencegahan penyebaran Covid-19, walaupun di Desa Saureinu belum banyak masyarakatnya yang terkonfirmasi kasus positif Covid-19,” ujar Donny Putra.

Iptu Donny Putra pun menjelaskan bahwa posko tersebut terbentuk sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 tahun 2021, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19) di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments