RAMADHAN DATANG MENJELANG, KEGIATAN BURU BABI DIHENTIKAN SEMENTARA

iklan adsense

RAMADHAN DATANG MENJELANG, KEGIATAN BURU BABI DIHENTIKAN SEMENTARA

PARIAMAN KOTA, Pionir—Kegiatan berburu babi yang dilaksanakan di jorong-jorong dalam nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, sepertinya sudah menjadi agenda rutin. Tempat perburuan pun selalu berpindah-pindah dari jorong ke jorong lain yang ada di kenagarian yang memiliki areal perbukitan, sawah, ladang dan hutan. Selama ini areal seperti ini sangat menantang bagi pencinta oleh raga buru babi.

Seperti diketahui, awal mulanya olahraga berburu babi ini bagi masyarakat di daerah itu hanya untuk mengusir hama babi yang mengganggu tanaman mereka, dalam perjalanannya berburu babi menjadi tradisi sampai saat ini.

Bahkan, kegiatan berburu babiyang di lakukan oleh masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman ini sudah terjadwal sedemikian rupa dan daerah-daerah atau nagari-nagari terdapat orang-orang ataupun lembaga-lembaga yang mengkoordinir pelaksanaan kegiatan tersebut.

Seperti di Nagari Kudu Gantiang, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman misalnya, kegiatan buru babi di nagari ini sudah teragenda sedemikian rupa. Namun karena tak berapa lama lagi umat Islam akan memasuki bulan puasa/ramadhan, Kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Polda Sumbar AKP. Kasman, S.Sos.MH Bhabinkamtibmas Nagari  Kudu Gantiang Bripka Razul Yasir, menghadiri rapat niniak mamak yang membahas penutupan sementara kegiatan buru babi.

Dalam rapat yang dilaksanakan Rabu 31 Maret 2021 itu Bhabinkamtibmas Bripka Razul Yasir menyampaikan pesan-pesan kamtibmas terkait buru babi, terutama tentang penggunaan senjata api Badia Balansa.

Kesempatan itu kata AKP Kasman yang dihubungi Pionir Kamis pagi 1 April 2021, juga  mengimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saat itu Bripka Razul Yasir juga mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, karena cuaca tidak menentu yang berpotensi memunculkan bencana alam,” ujar AKP Kasman. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments