DITSAMAPTA POLDA SUMBAR INTENSIFKAN UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROKES

DITSAMAPTA POLDA SUMBAR INTENSIFKAN UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROKES

PADANG, Pionir—Meski pandemi Covid-19 mulai berebak pada akhir tahun 2019 lalu, namun sampai saat ini tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, masih belum memuaskan. 

Fakta ini sangat disayangkan oleh Dir Samapta Polda Sumbar Kombes Achmadi SIK saat bincang-bincang dengan Pionir, Senin 19 Juli 2021.

"Sangat disayangkan, bahwa trennya terus memperlihatkan penurunan terkait kepatuhan individu dalam memakai masker, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Tren penurunan tersebut terpantau terus berlanjut,” kata Achmadi.

Dikatakan Achmadi, jika masyarakat semakin lengah dalam menjalankan protokol kesehatan seperti yang ditunjukkan selama ini, maka Covid-19 akan meningkatkan penularan. Dan apabila dilakukan testing dan tracing, maka kasus positif akan meningkat. Jika terus seperti ini, maka kata Achmadi menambahkan, sebanyak apapun fasilitas kesehatan yang tersedia tidak akan mampu menampung lonjakan yang terjadi. 

Oleh karena itu kata Achmadi, Samapta Polda Sumbar terus mengintensifkan upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan guna menekan laju penyebaran Covid-19.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan Kasatgas III Kepatuhan Prokes dan PAM Vaksin, pada Kamis 15 Juli 2021, dengan rute Mako Polda - jalan Ujung Gurun - jalan Veteran - Pasar Pagi Lolong - jalan Raden Saleh - Jalan Khatib Sulaiman (Transmart) – Rumah Makan Lamun Ombak - Pasar Ulak Karang – jalan S.Parman - Jalan Tabing - Paasr Lubuk Buaya – dan kembali ke Mako Polda.

“Kegiatan itu dipimpin Iptu Soekarmano dengan 31 personel, yang terdiri dari anggota Ditsamapta 10 personil, anggota Ditlantas 8 personel, anggota Satbrimobda 8 personel, anggota Ditreskrimum 4 personel dan anggota Bid Humas 2 personel,” kata Kombes Achmadi.

Dikatakan, selain memberikan imbauan tentang protokol kesehatan 5M  kepada masyarakat dan pengunjung Pasar Lubuk Buaya, saat itu tim juga melakukan teguran kepada masyarakat pengguna jalan raya yang tidak menggunakan masker, memberikan teguran lisan kepada masyarakat pengunjung Transmart yang tidak menjaga jarak/berkerumun. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments