Polsek Kampung Dalam Bersama Tim Lakukan Contact Tracing

Polsek Kampung Dalam Bersama Tim Lakukan Contact Tracing

PARIAMAN KOTA, Pionir—Dalam rangka pendataan dan usaha pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 segala upaya dilakukan oleh Polsek Kampung Dalam, Polres Pariaman bersama Satgas Penanganan Covid Kecamatan, diantaranya melakukan penelusuran kontak atau contact tracing terhadap warga setempat.

Seperti yang dilakukan pada Selasa siang (27/7)  Juli 2021, di Korong Sikucua Utara. Pada hari itu Bhabinkamtibmas Nagari  Sikucua Utara, Bripka Del Harianto bersama Babinsa Ulil Amri dan tim Dinas Kesehatan Puskesmas Sikucua melaksanakan contact tracing di rumah warga berinisial AJ.

Kata Kapolsek Kampung Dalam AKP Kasman Sos, MH, contact tracing tersebut dilakukan guna mengendalikan laju penyebaran virus corona atau Covid-19, karena diketahui pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

“Identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 inilah yang merupakan konsep contact tracing. Gagasan di balik konsep ini adalah pencegahan penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi,” ujar Kasman.

Dikatakan Kasman, pelacakan kontak atau contact tracing ini adalah sarana utama untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular seperti Covid-19. 

Karena penularan virus bisa melalui droplet (percikan partikel liur dari batuk, bersin atau saat berbicara), sehingga kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus memungkinkan penyebarannya. 

“Yang dekat dengan orang terinfeksi inilah yang berpotensi menyebarkan lagi virus saat berada di kerumunan. Sebab tak jarang di antara mereka bahkan tak menyadari telah membawa virus di tubuhnya. Makanya kita dari Polsek Kampung dalam bersama Satgas Penanganan Covid Kecamatan melakukan penelusuran kontak dan mengendalikan pergerakan orang yang sudah berpotensi tertular tadi,” beber Kasman.

Ia mengatakan, konsep pelacakan kontak ini dimaksudkan untuk memberikan respons cepat pada orang yang baru atau diduga terinfeksi dan mengawasi mereka dengan cermat. “Langkah ini bagian dari pencegahan penyebaran virus lebih lanjut,” tegas Kasman. 

Dalam kesempatan kali ini, selain penggalian data dan informasi terkait ada tidaknya keluarga, saudara atau orang lain yang melakukan kontak erat dengan warga berinisial AJ, Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan bersama personel Polsek Kampung Dalam juga memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat serta patuh protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19. (Fiirman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments