Gerakan Vaksinasi Merdeka Juga Terlihat Nyata di Sikakap

Gerakan Vaksinasi Merdeka Juga Terlihat Nyata di Sikakap

MENTAWAI, Pionir—Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melaunching Gerakan Vaksinasi Merdeka sebagai strategi untuk mencapai target 70 persen vaksinasi sebagai hadiah di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pada 17 Agustus 2021.

Gerakan Vaksinasi Merdeka ini juga dilakukan di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai. Seperti yang dilakukan di halaman depan kantor Polsek Sikakap, pada Selasa (17/8/2021).

Kata Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH,  penyuntikan vaksin Covid-19 tersebut dilaksanakan oleh petugas kesehatan Pusekesmas Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

“Sebelum divaksin Tim Kesehatan Puskesmas Sikakap memberikan screening kepada masyarakat yang akan divaksin,” kata Trito Edhi. 

Dikatakannya, animo masyarakat untuk divaksin terlihat cukup tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah yang mendaftar lebih dari 130 orang.

Trito Edhi mengatakan, pada vaksin pertama tercatat 55 orang, yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 30 orang perempuan.

Sedangkan pada vaksin kedua tercatat sebanyak 75 orang, yang terdiri dari 39 orang laki-laki dan 36 orang perempuan.

Trito Edhi tak lupa mengapresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah memiliki semangat bersama untuk mempercepat target dari pemerintah terkait pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona atau Covid-19. 

"Dimana Vaksinasi Merdeka merupakan strategi vaksinasi yang akan dilaksanakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan kita 17 Agustus. Tentunya ini menjadi semangat yang dalam kesempatan ini patut saya apresiasi," kata Tirto Edhi.

Tirto Edhi berharap strategi percepatan vaksinasi massal seperti ini bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, terutama daerah-daerah yang masih rawan penyebaran Covid-19. 

Dalam hal ini, Tirto Edhi mengungkapkan bahwa, strategi percepatan vaksinasi harus menyentuh lapisan masyarakat sampai tingkat RT/RW. Sebab itu, kata dia menambahkan,  diperlukan kekompakan dan pengorganisasian yang kuat dari seluruh stakeholder terkait. 

Dengan segeranya terwujud target percepatan vaksinasi, menurut Tirto Edhi, itu akan memengaruhi pertumbuhan perekonomian masyarakat. Mengingat, kesehatan menjadi prioritas di untuk bergeraknya aktivitas dan ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19.

"Dua hal ini tak bisa dipisahkan. Namun kesehatan tentunya jadi salah satu faktor atau syarat mutlak. Sehingga seluruh aktivitas kegiatan masyarakat bisa berjalan," ucap AKP Tirto Edhi. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments