TEKAN PENYEBARAN COVID-19 BHABINKAMTIBMAS POLSEK PASAMAN DAMPINGI PETUGAS KESEHATAN LAKUKAN TRACING

TEKAN PENYEBARAN COVID-19 BHABINKAMTIBMAS POLSEK PASAMAN DAMPINGI PETUGAS KESEHATAN LAKUKAN TRACING 

PASAMAN BARAT, Pionir--- Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Nagari Aia Gadang, Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat Polda Sumbar, Aipda Dedi Murdani. SH beserta Kepala Jorong Batang Umpai  Kecamatan Pasamam dampingi Tim Tracer Puskesmas Nagari Aia Gadang Melakukan Tracing contact terhadap warga terpapar Covid-19 di daerah tersebut, Senen 9 Agustus 2021.

Kapolsek Pasaman Iptu Rosminarti. SH mengatakan, dia sengaja mengerahkan para Bhabinkamtibmas untuk menjadi tracer alias pelacak pasien Covid-19. Mereka disebar diseluruh wilayah hukum Polsek Pasaman, tugas mereka berkoordinasi dengan puskesmas di kecamatan dan kelurahan untuk mengetahui warga yang terinfeksi Covid-19, tuturnya.

"Setelah itu para Bhabinkamtimas mendatangi dan melakukan pendataan. Selanjutnya mereka berkoordinasi dengan petugas puskesmas terkait perawatan medis bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah," katanya.

Dikatakan Rosminarti Bhabinkamtibmas yang bertugas sebagai tracer akan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat menyambangi para pasien Covid-19 untuk melindungi mereka dari infeksi virus Corona. 

Mereka tidak bertugas sendiri tetapi didampingi Satgas Covid-19, termasuk di dalamnya Babinsa, katanya.

Rosminarti mencontohkan seperti pengamanan  dan tracer pasien positif Covid 19 di Jorong Batang Umpai, Kanagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman.

Saat itu kata Rosminarti personel Polsek Pasaman melakukan Tracer,  pengamanan dan  serta pemindahan pasien positif Covid 19  ke Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat Kabupaten Pasaman.

Dikatakan Rosminarti, tujuan dilakukannya karantina itu sesuai dengan hasil Swab yang dilakukan oleh pihak Nakes Puskesmas Nagari Aia Gadang supaya pasien lebih bisa diawasi dan mendapatkan perawatan lebih cepat, ucapnya.

Terkait pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan di wilayah hukumnya Rosminarti menjelaskan, pihaknya secara intensif melakukan patroli dan sosialisasi secara terpadu, dengan cara menyambangi  tempat-tempat berkumpulnya orang banyak seperti pasar, tempat wisata dan tempat  berkumpulnya masyarakat lainya, katanya.

Dikatakan Rosminarti personilnya juga melakukan dialogis dengan pemilik swalayan dan para warga masyarakat diwilayah hukumnya, “Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing, karena keamanan adalah merupakan tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

Selain itu  petugas juga menitipkan pesan apabila mengetahui hal-hal yang mencurigakan diharapkan warga masyarakat segera melapor ke Kantor Polisi terdekat, Katanya.

Lanjut Rosminarti mengatakan, hadirnya  petugas Kepolisian ditengah-tengah masyarakat selain mensosialisasikan protokol kesehatan juga bertujuan untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas. 

Disamping itu juga sebagai sarana untuk menyampaikan imbauan kamtibmas serta mengali informasi sekecil apapun untuk menangkal  permasalahan yang ada, pungkasnya (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments