Ditsamapta Polda Sumbar Polda Sumbar Berpatroli Lakukan Imbauan Prokes

Ditsamapta Polda Sumbar Polda Sumbar  Berpatroli Lakukan Imbauan Prokes

Padang, Pionir---Personil  Siturjawali Unit 1 Subdit Gasum Ditsamapta Polda Sumbar pada Kamis pagi (9/9/2021) menggelar kegiatan patroli dialogis dalam rangka Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Pada hari itu Siturjawali Unit 1 Subdit Gasum melaksanakan patroli dialogis R4 dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Sumbar.

Kata Dirsamapta Polda Sumbar Kombes Pol Achmadi SIK pada hari itu tim patroli menyasar Jalan Raden Saleh - Jalan Lolong Full NPM - Jalan Ulak Karang - Jalan Khatib Sulaiman Full ANS, Plaza SJS Siteba dan beberapa kawasan lainnya.

Kegiatan itu kata Acmadi, dipimpin oleh Kanit 1 Siturjawali Iptu Mayuherman dan Panit 1 Aipda Nofri Matri Aldi.SH.MH beserta enam anggota unit 1 Siturjawali.

Sementara Iptu Mayuherman mengatakan, pada saat itu tim memberikan imbauan kepada para penumpang di pool Bus NPM dan Bus ANS tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan 5 M. Selain itu juga memberikan imbauan ke pada para pengunjung supermarket dan swalayan agar mematuhi protokol kesehatan terutama menjaga jarak dan menggunakan masker serta wajib mencuci tangan sebelum masuk swalayan atau supermarket. 

Dalam patroli itu IptuMayuherman mengimbau warga agar memakai masker dan tetap menjaga jarak aman (phsycal distancing) minimal 1 meter.  Sementara di swalayan atausupermarket kata Iptu Mayuherman, ia bersama personel lainnya mengimbau warga yang sudah belanja agar cepat-cepat pulang.

Anggota Siturjawali Unit 1 Subdit Gasum Ditsamapta Polda Sumbar juga mengingatkan warga yang baru pulang dari pasar agar langsung membersihkan diri begitu tiba di rumah masing-masing.

“Kalau keluar rumah, silakan pakai masker. Kalau keperluannya sudah selesai, silakan kembali ke rumah masing-masing, bersih bersih dan cuci tangan. Sayangi keluarga dan jaga kesehatan,”begitu imauan dari anggota Siturjawali Unit 1 Subdit Gasum Ditsamapta Polda Sumbar.

Kegiatan patroli dengan pendekatan persuasif dan humanis yang digelar Ditsamapta Polda Sumbar ini mendapat apresiasi dari sejumlah warga yang berbelanja di swalayan atau supermarket.

Mereka mengaku senang menanggapi langkah Polri melakukan imbauan di pasar pasar, swalayan atau supermarket.

“Saya senang, karena bapak￾bapak Polisi tidak hanya menyuruh pakai masker, tapi juga membagikan masker kepada warga yang tidak memakai masker,” kata Junaidi, salah seorang warga Kota Padang.

Menurut dia, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memakai masker saat beraktivitasdi luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 ini harus terus ditingkatakan.  “Jujur saya kesal melihat kalau masih ada orang yang tidak menggunakan masker di luar rumah, apalagi saat belanja di pasar,” katanya. 

Itu sebabnya, Junaidi mengaku mengapresiasi langkap Ditsamapta Polda Sumbar yang terus mengingatkan masyarakat untuk selalu pakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Bapak-bapak sama ibu-ibu Polisi tidak hanya mengingatkan, tapi juga membagikan masker,” ujar dia. 

Tak hanya sosialisasi pemakaian masker, Ditsamapta Polda Sumbar juga gencar mengantisipasi terjadinya kerawanan sosial pada masa penerapan PSBB maupun PPKM di Kota Padang.  Hampir setiap hari jajaran Ditsamapta Polda Sumbar berpatroli sambil mengimbau masyarakat agar menaati aturan￾aturan dalam PSBB atau PPKM. Mereka juga melakukan pengawasan transportasi. Hal ini sesuai dengan salah satu tugas pokok Samapta, yaitu meniadakan kesempatan atau peluang bagi masyarakat yang berniat melakukan pelanggaran hukum. (Firman sikumbang)


Post a Comment

0 Comments