Polres Bukittinggi Tunjukan Kepedulian di Ponpes Parabek

Polres Bukittinggi Tunjukan Kepedulian di Ponpes Parabek

Bukittinggi, Pionir—Senin 6 September 2021, sebuah kepedulian diperihatkan oleh Kapolres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Dody Prawiranegara, SH. SIK. M.H bersama personelnya di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumatera Thawalib Parabek, Jalan Simpang Bangkaweh, Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam.

Kehadiran Dodi di pondok pesantren yang didirikan tahun 1910 oleh Syekh Ibrahim Musa, yang awalnya bernama Madrasah Sumatera Thawalib Parabek ini, untuk memperlihatkan kepeduliannya pada para pelajar di pondok pesantren itu agar mendapatkan vaksin guna membentuk kekebalan kelompok atau herd imunity bagi pelajar pada sekolah yang ada di wilayah hukumnya.

Kepada Pionir, Selasa pagi, Dody mengaku apa yang dilakukannya itu sebuah hal yang wajar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, apa lagi pada tahun 2020 lalu seorang pembina asrama dan satu santri Ponpes Parabek terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka diketahui positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab terhadap 101 warga ponpes.

Makanya pada hari itu Dody mengaku mendatangi ponpes yang menyelenggarakan pendidikan bekualitas dengan didukung sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk para siswa, seperti ruang kelas representatif dilengkapi Audio dan CCTV, laboratorium (Komputer, Bahasa, IPA), perpustakaan, lapangan olahraga, asrama (putra, putri), koperasi dan kantin sehat, hostspot area, masjid dan lainnya lengkap dengan tenaga medis, untuk melakukan vaksinasi.

Dikatakan Dodi, apa yang dilakukan itu menindaklanjuti arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo tanggal 5 Juli 2021 tentang target capaian sampai dengan bulan November 2021.

Saat itu Kapolres Bukittinggi Dody Prawiranegara yang didampingi Pengasuh Pondok, Ustaz H.M. Zaki Munawwar, Lc dan Waka Polres Kompol Sukur Hendri Saputra, SIK mengatakan kepada para siswa bahwa kedatangan mereka ke ponpes itu untuk membentuk herd imunity kepada santri dan santriwati di Pensantren Sumatera Thawalib Parabek tersebut melalui kegiatan vaksinasi.

“Kita berharap melalui vaksinasi ini dapat menekan perkembangan bahkan kalau bisa menghilangkan Covid-19 terlebih di lingkungan pondok pesantren ini,” kata Dody memberi penjelasan pada santri dan santriwati.

Dody pun tak lupa berterimakasih kepada pengasuh Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi bersama jajarannya dan juga kepada santri dan santriwati atas pelaksanaan vaksin droping khusus sinergi Polri dan Staf Khusus Kresiden Polri tersebut.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi H.M. Zaki Munawwar, Lc, menyambut dan berterima kasih kepada Polres Bukittinggi atas pelaksanaan vaksin di pesantren tersebut.

“Diharapkan melalui pelaksanaan vaksin ini dapat terbentuk herd imunity di lingkungan pesantren ini,” katanya.

Memberikan Bantuan Sembako

Kehadiran rombongan dari Polres Bukittinggi pada Senin pagi itu ternyata tak hanya melakukan vaksinasi, namun juga memberikan bantuan sosial berupa sembako ke di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, dengan tujuan agar dapat meringankan beban pondok pesantren di masa pandemi Covid-19 ini.

Pada saat pemberian bansos berupa sembako tersebut Polres Bukittinggi juga melakukan imbauan, agar penghuni pondok pesantren untuk selalu mematuhi 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

“Melalui itu kita semua dapat menekan penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Bukittinggi kepada warga pondok pesantren tersebut.

Juga hadir hadir dalam penyerahan bansos ini pengasuh Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi H.M. Zaki Munawwar, Lc, Penasehat Yayasan Iwan Bakar, Kepala Kepegawaian, Humas dan Administrasi Pondok Pesantren Thawalib Parabek Ust. Taufik Hidayat S Ag, M Ag, Kasat Intelkam Polres Bukittinggi AKP Boby Sandra, SH, Kapolsek Banuhampu Sungai Puar AKP Mochammad Rosidi, SH. SIK, Walinagari Ladang Laweh David Erlangga, Personel Polres Bukittinggi dan Polsek Banuhampu Sei Puar.

Bantuan sembako dari Polres Bukittinggi yang diserahkan kepada Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek sebayak 300 paket, yang berisikan telur, beras dan mie instan ini  diserahkan secara simbolis oleh Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara kepada Pengasuh Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi H.M. Zaki Munawwar, Lc. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments