Polsek Kota Pariaman Masih Terus Melakukan Sosialisasi

Polsek Kota Pariaman Masih Terus Melakukan Sosialisasi

Pariaman Kota, Pionir—Seperti diketahu pada tahun 2000 Kementerian Kesehatan mulai mengembangkan konsep pelayanan kesehatan santun lanjut usia yang diawali dengan rencana pengembangan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun lanjut usia di seluruh Indonesia.

Karena itu Polsek Kota Pariaman bersama bersama Tim Satgas Covid Kecamatan dan tenaga kesehatan  melaksanakan sosialisasi dalam rangka Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 dan Percepatan Vaksinasi, di Desa Cubadak Air Selatan, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman, Rabu (01/09/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Kota Pariaman AKP Edi Karan Prianto, SH, M.H sebagai narasumber, Camat Pariaman Utara Ahadi nugraha S. Stp, M.Si juga narasumber, Danramil 01 Pariaman Mayor Inf. Irwan Taufik (Narasumber), Tim Dinas kesehatan Kota Pariaman Satri Yarlina (narasumber).

Juga hadir dalam sosialisasi itu Kepala Desa Cubadak Air Selatan diwakili oleh Kaur Perencanaan Desa Budi Setia Darma,  Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, perangkat Desa Cubadak Air Selatan dan lainnya.

Dalam sosialisasi itu AKP Edi Karan Prianto selaku narasumber tak lupa mengingatkan tentang pentingnya untuk tetap menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak secara santun dan persuasif. 

Kata Edi Karan pada Khazanah, ini penting disampaikan proses transfer informasi kepada masyarakat  termasuk lansia bisa diterima dengan baik dengan kearifan lokal yang ada. “Bapak-ibu para satgas kecamatan, kelurahan dan desa saat ini kita harus terus menerus mengajak warga untuk tetap menjalankan 3M secara santun dan persuasif, tidak boleh arogan. Dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sifatnya mengajak bukan menggurui,” kata Edi Karan mengimbau pihak-pihak terkait.

Dikatakan Edi Karan, meskipun mobilitas para lansia ini sudah terbatas namun karena ada anak, cucu, tetangga yang masih berkomunikasi dengan para lansia maka mereka sangat rentan terpapar Covid-19. 

Di usia yang sudah tua, biasanya immun tubuh akan berkurang sehingga kemungkinan besar bisa terpapar Covid-19. Untuk itu mari bapak-ibu kita sosialisasikan, kita edukasi para lansia dan keluarganya agar tetap menjalankan protokol kesehatan 3M, ajak Edi Karan. 

Pada kesempatan itu Edi Karan juga memberikan pengarahan dan mengingatkan warga tentang pentingnya vaksin, serta menghimbau warga agar tidak termakan berita hoax tentang vaksinasi.

Ia pun tak lupa mengingatkan masyarakat agar tidak lupa menjalankan protokol Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments