Kombes Pol. Achmadi Berdayakan Polisi Wanita

 Kombes Pol. Achmadi Berdayakan Polisi Wanita

Padang, Pionir – Sebagai Direktur Samapta (Dirsamapta) Polda Sumatera Barat (Sumbar), Kombes Pol. Achmadi, S.I.K menyadari kendala dan kelemahan dihadapi Polri dalam menata Polisi Wanita (Polwan), antara lain jumlah Polwan yang masih relatif kecil.  

“Idealnya jumlah Polwan adalah 30 persen dari total jumlah anggota Polisi. Peningkatan jumlah Polwan itu diperlukan, mengingat masalah yang dihadapi Kepolisian bertambah dan  mengalami perubahan,” katanya.

 Untuk itu kata dia, dalam kerangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat    khususnya dalam penyelenggaraan tugas Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sumbar, perlu adanya pemberdayaan peran Polwan. 

“Pemberdayaan ini penting, karena merupakan suatu strategi dalam paradigma pembangunan  peran (role) yang berpusat pada pembangkitan dan peningkatkan kemampuan subyek. Pendekatan  ini  menyadari pentingnya kapasitas Polwan untuk meningkat kemandirian dan kekuatan internal,” ujarnya. 

Saat ini kata Achmadi, Polwan Ditsamapta Polda Sumbar telah diberdayakan dengan baik, yang tergabung dalam tim Puti Singgalang.

Dikatakan, para Polwan Puti Singgalang ini setiap hari Jumat ikut memberikan pengamanan di masjid-masjid, saat kaum pria melaksanakan ibadah Shalat Jumat. Kemudian juga melaksanakan patroli dialogis dalam rangka Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Sumbar.

Ia pun mencontohkan patropli dialogis yang dilakukan Polwan Puti Singgalang di sepanjang jalan Sudirman, Jalan Raden Saleh, Jalan Juanda, Pasar Pagi, Jalan Samudra, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gereja dan Jalan Imam Bonjol, pada Selasa pagi (19/10)

Patroli dialogis yang dipimpin Ipda Tika Permata Murni, S.Tr.K, bersama empat orang anggota Polwan Ditsamapta, yaitu Briptu Cici Asriani, Bripda Rita Azzahra, Bripda Fitriaini Muslimah Busti dan Bripda Vani Dwiputri Marcania itu memberikan imbauan kepada pengunjung pasar agar pada saat beraktifitas tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M terutama wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Sementara Ipda Tika Permata Murni yang memimpin tim mengatakan, dalam patroli itu mereka juga menegur dengan humanis pengunjung pasar dan pedagang yang tidak menggunakan masker dan mengingatkan agar selalu berhati-hati dan menjaga barang bawaan.

“Kita juga mengimbau masyarakat yang belum divaksin agar mau datang ke tempat-tempat vaksin atau ke Polda Sumbar untuk melakukan vaksinasi,” katanya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments