Warga Wilkum Polsek Tilkam Sadar Arti Vaksinasi

Warga Wilkum Polsek Tilkam Sadar Arti Vaksinasi


Berkat edukasi dan sosialisasi yang rutin dilakukan oleh personel Polsek Tilantang Kamang, akhirnya masyarakt menyadari betapa pentingnya arti vaksinasi untuk meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok. Buktinya dalam giat Gebyar Sumdarsin tercatat lebih dari seribu orang yang ikut mendaftar.

Tilantang Kamang, Pionir-Kecamatan Tilatang Kamang (Tilkam) secara administratif berada dalam wilayah Pemerintah Kabupaten Agam, namun secara yuridis masuk dalam wilayah hukum (wilkum) Polres Bukittinggi.

Sebelumnya daerah ini disebut juga dengan daerah Agam Tuo Utara, pusat pemerintahannya terdapat di Pakan Kamih, di mana sebelum terjadi pemekaran, kecamatan ini terdiri dari kanagarian: Palupuh, Gadut, Koto Tangah, Kapau, Magek, Kamang Hilir dan Kamang Mudik.

Setelah pemekaran, di mana terbentuk kecamatan baru yaitu Palupuh dan Kamang Magek, maka selanjutnya kecamatan Tilatang Kamang terdiri dari kanagarian: Gadut,  Koto Tangah dan Kapau yan masuk dalam wilayah hukum Polsek Tilantang Kamang, yang dikomandoi Iptu Romny Hendra K, SH, MM.

Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dalam wilayah hukum Kapolsek Tilatang Kamang yang cukup luas itu kata Iptu Romny Hendra, berbagai upaya pendekatan terhadap masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi terus dilakukannya, termasuk edukasi tentang Covid-19 dan langkah vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Sosialisasi dan edukasi itu kata Rommy, selain dilakukan tim yang bertanggungjawab untuk itu, juga dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas di wilayah binaannya masing-masing.

"Upaya edukasi dan sosialisasi terkait edukasi tentang Covid-19 dan langkah vaksinasi sebagai upaya penvegahan penularan Covid-19 ternyata mendapat respon positif dari masyarakat,” kata Romny.

Ia pun memberikan bukti dalam percepatan vaksinasi kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilantang Kamang disambut baik oleh masyarakat setempat.

“Animo masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilantang Kamang cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Ini terbukti saat diadakan vaksinasi massal dalam giat Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) pada hari Selasa 2 November 2021 dari jam  09.00 WIB sampai jam 15.00 WIB yang bertempat di Kantor Wali Nagari Kamang Magek,” ujar Rommy Hendra .

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Camat Magek Rio Eka Putra S.STP, M.Sc, Danramil 07 Tilatang Kamang Kapten Arh Herman, Kapolsek Tilatang Kamang Iptu Rommy Hendra K, SH, MM, Wali Nagari Kamang Magek, Wakapolsek Tilatang Kamang Iptu Hendry Ardiansyah, Kanit Ik Polsek Aipda Doni Arlen SH, Bhabinkamtibmas Kenagarian Kamang Magek, Babinsa Kenagarian Kamang Mudiak, Wali Jorong Kenagarian Kamang Magek, dengan tenaga vaksinator sebanyak 2 orang serta tenaga kesehatan lainnya sebanyak 8 orang dari Puskesmas Magek itu tercatat yang mendaftar lebih 1.000 orang.

“Alhamdulillah dalam Gebyar Sumdarsin ini tercatat 1.006 orang lagi masyarakat Tilatang Kamang yang teah divaksin," sebut Rommy. 

Pada kesempatan tersebut, Camat Magek Rio Eka Putra mengimbauan semua elemen masyarakat agar dapat mensukseskan kegiatan vaksin ini.

"Kita sangat berharap dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, bundo kandung, tokoh pemuda di Agam Timur maupun Kota Bukittinggi untuk mengaajak anak kemenakannya yang belum divaksin untuk hadir dan mau untuk divaksin," tandas Rio Eka Putra.

Hal senada juga diungkapkan oleh Danramil 07 Tilatang Kamang kapten Arh Herman. Ia pun mengatakan, apabila masyarakat berduyun-duyun mendatangi gerai vaksinasi, maka sebelum bulan Desember 2021 di wilayah Agam Timur dan Kota Bukittinggi sudah 100 % masyarakat tervaksinasi, karena melalui vaksin ini kita masing-masing dapat mengurangi resiko terpapar Covid-19, dan membentuk herd immunity," tandasnya.  (ce/firman sikumbang)


Post a Comment

0 Comments