Tumbuhkan Kesedaran Masyarakat Agar Menerapkan Protokol Kesehatan

Tumbuhkan Kesedaran Masyarakat Agar Menerapkan Protokol Kesehatan

Pariaman Kota, Pionir-- Untuk meminimalisir penyebaran Virus Covid-19 tidak cukup dengan mengandalkan Vaksinasi semata, namun harus di barengi dengan kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Karna tanpa disiplin menerapkan protokol kesehatan mustahil penyebaran Virus Covid-19 dapat di cegah. Pasalnya, Vaksinasi Covid-19 tidak menjamin seseorang akan terhindar dari penularan Virus yang mematikan itu.  Sebab, pemberian vaksin berfungsi untuk memberikan kekebalan bagi tubuh (Herd Imunnity), jika ketika sakit maka sakitnya lebih ringan.

"Kepatuhan menerapkan protokol kesehatan harus terus kita jalankan. Yang pasti vaksin hanya mengurangi resiko kita tertular,” kata Bhabinkamtibmas Nagari Sikucur, Polsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Kota Aiptu Firdaus pada Pionir saat  melakukan monitoring kegiatan Vaksinasi di daerah tersebut, Kamis 20 Januari 2022.

Firdaus mengatakan, ia  juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kampung Dalam bahwa pondasi yang paling  penting agar terhindar dari penularan Covid-19 adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Yang paling penting harus ada perubahan perilaku untuk mengurangi penularan pandemi ini dengan menerapkan protokol kesehatan 5M,” ujarnya.

Dikatakanya, saat ini selain fokus pada pelaksanaan vaksinasi, ia  juga fokus menumbuhkan kesadaran masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Lanjut Aiptu Firdaus mengatakan, untuk merubah prilaku masyarakat itu butuh dukungan dari semua pihak. Baik pemerintah maupun tokoh masyarakat yang berperan penting untuk mengingatkan warga masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam rutinitas keseharaian mereka. 

Disamping itu, peranan tokoh adat, alim ulama juga harus dikedepankan, karena mereka adalah panutan masyarakat yang mempunyai andil besar pada perubahan prilaku anak kamanakan mereka di kaum mereka masing-masing, ujarnya (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments