Polres Tanah Datar Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

Polres Tanah Datar Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

Tanah Datar, Pionir--Pakar Gempa Universitas Andalas (Unand) Padang Dr Badrul Mustafa menuturkan gempa yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat pada Jumat 25 Desember 2022, sebelumnya juga pernah terjadi di lokasi yang sama pada tahun 1977, saat itu gempa berkekuatan 5,5 SR.

Kata Badrul, Sumatra Barat dilalui oleh patahan geser yang bernama Sesar Semangko. Sesar ini terdiri atas empat segmen. Yakni Segmen Sumpur yang merupakan lanjutan dari segmen Angkola dan Barumun. Segmen Sianok, segmen Sumani dan segmen Suliti di Solok Selatan yang berhubungan dengan segmen Siulak di Kerinci.

Ia mengatakan gempa di darat dengan kekuatan 5,5 sampai 6,5 sudah bisa menimbulkan kerugian cukup besar sebab, kedalamannya sangat dangkal dan dekat dengan permukiman, seperti yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman. 

Sebagai wujud kepedulian terhadap korban gempa bumi yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan fisik bangunan di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman tersebut Polres Tanah Datar mengirimkan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) yang diserahkan langsung kepada para korban gempa bumi tersebut.

Pemberian bantuan pada Sabtu 26 Februari 2022 tersebut dipimpin oleh Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si 

Kapolres Tanah Datar melalui Kasubbag Humas AKP Desvi Arta mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan salah satu upaya dari Polres Tanah Datar dalam meringankan beban masyarakat yang menjadi korban pada gempa bumi di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Jum'at 25 Februari 2022. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments