RUTAN PADANG FASILITASI COFFE MORNING APARAT PENEGAK HUKUM SE-KOTA PADANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KOORDINASI ANTAR INSTANSI

RUTAN PADANG FASILITASI COFFE MORNING APARAT PENEGAK HUKUM SE-KOTA PADANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KOORDINASI ANTAR INSTANSI

Padang, Pionir-- 25 Februari 2022 itu bertempat di Aula Lt. III Rutan Kelas IIB Padang pada pukul 09.00-11.00 WIB dilaksanakan kegiatan Coffe Morning antar Aparat Penegak Hukum (APH) se-Kota Padang. Adapun undangan yang hadir adalah Kepala Rutan Padang, Kepala Lapas Perempuan Padang, Kepala Kejaksaan Negeri Padang, Kepala dan Wakil Kepala Pengadilan Negeri Padang dan Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polresta Padang. 

Pada kegiatan coffe morning ini, meskipun terlihat santai tapi seluruh APH yang terlibat membahas hal-hal yang meneyangkut dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat seperti efektifitas sidang online, pengawalan tahanan oleh jaksa dan kepolisian serta juga dibahas kelengkapan berkas-berkas penangkapan, penahanan, dan putusan tahanan antar APH yang terlibat. Tidak lupa pembahasan juga menyangkut hal-hal yang harus dilakukan perihal penitipan tahanan baru dalam masa pandemi dan penanganan apabila ada tahanan yang sakit dalam masa tahanannya. 

Beberapa hal yang kembali dikaji diantaranya adalah untuk pelaksanaan sidang online, disepakati bahwa sidang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dan mendahulukan tahanan perempuan, penitipan tahanan baru dan pelaksanaan sidang online wajib memperhatikan protokol kesehatan, kemudian untuk pengiriman berkas penetapan putisan dan eksekusi dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kegiatan ditutup dengan seluruh peserta coffe morning melihat secara langsung sarana dan prasarana sidang online yang ada di Rutan Padang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kembali sinergitas antara APH se-Kota padang sehingga meminimalisir kendala-kendala yang ada mengenai proses persidangan hingga penitipan tahanan. (*)

Post a Comment

0 Comments