Antisipasi Abrasi Kapolsek Sungai Limau Minta Bibit Manggrove

Antisipasi Abrasi Kapolsek Sungai Limau Minta Bibit Manggrove

Sungai Limau, Pionir—Sedikitnya saat ini di Kabupaten Padang Pariaman terdapat tiga lokasi abrasi pantai yang perlu penanganan serius dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V.

Dari data yang dihimpun Pionir, lokasi abrasi tersebut yaitu pantai di dekat kawasan Makam Syekh Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis, lalu di Pasie Baru, Kecamatan Sungai Limau, dan di Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan.

Dari pantauan di lapangan, di Ulakan Tapakis dan Sungai Limau sudah dilakukan upaya penanganan dengan pemasangan batu grip namun abrasi masih terjadi.

Untuk mengantasi persoalan itu, Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis, SIK, memerintahkan Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani untuk mencarikan solusinya, karena wilayah hukumnya berada dalam wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman.

Menindaklanjuti instruksi Kapolres tersebut Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani berupaya merangkul Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengelola Sumber Daya Air (UPTD BPSDA) Sumbar.

Kepada UPTD BPSDA, pada Senin 23 Mei  2022, Iptu Umar Yani menyampaikan niatnya meminta bibit tanaman mangrove untuk mengurangi dampak hempasan ombak serta mencegah terjadinya abrasi.

“Pada kesempatan itu kita juga meminta bibit tanaman buah berupa bibit durian, guna meningktkan perekonomian masyarakat dan untuk ketahanan pangan,” kata Iptu Umar Yani yang dihubungi Poinir, Selasa sore 24 Mei 2022. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments