Jaga Kamtibmas, Polres Pariaman Tingkatkan Peran Bhabinkamtibmas

Jaga Kamtibmas, Polres Pariaman Tingkatkan Peran Bhabinkamtibmas 

Pariaman, Pionir—Seperti diketahui kejahatan merupakan salah satu bentuk gangguan terhadap masyarakat, oleh karena itu Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) bersama Polsek jajaran meyakini harus ada langkah yang dilakukan sebagai bentuk untuk mencegahnya. 

Menurut Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz SIK, dalam pencegahan terhadap gangguan yang ada di masyarakat diperlukan kerjasama antara aparat polisi dengan masyarakat setempat. Karena untuk menjaga di sekitar lingkungan, akan lebih baik dilakukan oleh masyarakat itu sendiri, seperti adanya polisi masyarakat (Polmas). 

Karena itulah Kapolres Pariaman mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk mewujudkan Polmas, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka terpeliharanya Kamtibmas.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman, pada Rabu 25 Mei 2022, di Desa Kampung Gadang. Saat itu Kapolsek Kota Pariaman AKP Edikaran Prianto, SH.MH memerintahkan Bripka Ardi Putra untuk membahas tentang Kamtibmas dengan warga di desa binaannya.

Kesempatan itu kata Edikaran menambahkan, juga digunakan untuk mengimbau warga supaya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari, guna memutus mata rantai Covid-19. 

Menurut Edikaran, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat guna mendukung terwujudnya Kamtibmas yang kondusif, diantaranya; tokoh agama dan tokoh masyarakat harus memberikan informasi kondisi Kamtibmas yang terjadi di wilayahnya kepada aparat penegak hukum, mengaktifkan kembali siskamling guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Kemudian, mengaktifkan kembali gerakan sadar hukum di masyarakat, serta meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara potensi masyarakat/satlinmas dengan aparat, baik TNI, Kepolisian dan Satpol PP. Untuk di tingkat desa/kelurahan ditingkatkan komunikasi antara Kasatgas Linmas Kades/Lurah, Baninsa, Babinkamtibmas dalam antisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas sekaligus mencari solusinya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments