Kapolres Pariman Perintahkan Ingatkan Warga Terhadap Perubahan Cuaca

Kapolres Pariman Perintahkan Ingatkan Warga Terhadap Perubahan Cuaca

Sungai Limau, Pionir--Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, ternyata ikut membuat Kapolres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Abdul Azis, SIK khawatir akan berpengaruh pada kesehatan masyarakat serta keselamatan para nelayan yang pergi melaut.

Untuk itu AKBP Abdul Azis memerintahkan personelnya, khususnya para Bhabinkamtibmas untuk mengingatkan masyarakat berhati-hati menghadapi perubahan cuaca dari panas ekstrim ke hujan deras yang pada akhirnya memaksa tubuh harus ekstra dalam menghadapi perubahan tersebut. Karena paparan cuaca ekstrim dapat berdampak buruk pada daya tahan tubuh manusia, sehingga membuat tubuh kesulitan untuk melawan infeksi virus.

Selain itu Abdul Azis juga memerintahkan para Bhabinkamtibmas agar mengingatkan para nelayan agar tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi dini gelombang kuat dan tinggi.

Perintah Kapolres itu pun ditindaklanjuti oleh Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani. Pada Selasa pagi 31 Mei 2022, ia bersama Aipda Heriwanto, SH menyambagi masyarakat Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang.

Dalam kunjungan melalui kegiatan pembinaan masyarakat (binmas) perairan terhadap masyarakat pesisir dan nelayan di wilayah pesisir Nagari Pilubang itu Umar Yani mengingatkan masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai nelayan, agar berhati-hati ketika menjalani aktivitas sehari-hari saat melaut.

Ia pun mengingatkan para nelayan untuk memperhatikan cuaca dan gelombang laut jika hendak masih mau pergi melaut.

"Untuk sekarang patut kita waspadai akan gelombang tinggi air laut. Bagi nelayan, agar hal ini diperhatikan, dan bisa diakses oleh nelayan melalu radar pendeteksi dini gelombang," kata Umar Yani mengingatkan.

Lantaran angin ataupun gelombang air laut saat ini memang diprediksi tinggi, untuk itu, kata Umar Yani, alangkah baiknya nelayan tetap memperhatikan keselamatan saat melaut.

"Meskipun perairan Pariaman masuk kategori sedang untuk potensi dini gelombang tinggi. Namun kita tetap mengimbau kepada para nelayan harus tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas di laut lepas," ujar Umar Yani. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments