Kapolsek Koto Baru Hadiri Pembukaan Alek Nagari "Sabiduak Selaju Sampan"

Kapolsek Koto Baru Hadiri Pembukaan Alek Nagari "Sabiduak Selaju Sampan"

Dharmasraya, Pionir--Kapolsek Koto Baru Iptu Iin Cendri, SH, MM, menghadiri pembukaan kegiatan Alek Nagari Sungai Langkok dalam rangka Perayaan Idul Fitri 1443 H "Sabiduak Selaju Sampan", Jum'at (6/5/22) di aliran Irigasi sungai Langkok, Jorong Sungai Langkok, Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya.

"Saluran irigasi ini menjadi sarana penting bagi masyarakat di Nagari Sungai Langkok, untuk mengairi sawah dan area pertanian masyarakat. Namun, di masa lebaran Idul Fitri, saluran irigasi ini beralih fungsi. Masyarakat menyulapnya menjadi arena perlombaan Selaju Sampan Tradisional", ungkap Iptu Iin Cendri.

 Ditambahkannya, bagi masyarakat Nagari Sungai Langkok, menggelar perlombaan Selaju Sampan Tradisional sudah menjadi tradisi tiap kali hari Raya Idul Fitri. Dan, setelah sempat absen dua tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan ini dapat kembali digelar tahun ini.

Ia mengatakan kegiatan bertajuk “Sabiduak salaju sanpan” itu digelar di saluran irigasi Nagari Sungai Langkok ini akan berlangsung selama dua hari, mulai Jumat (6/5/2022) sampai Sabtu (7/5/2022), dan diikuti sebanyak 32 peserta dari Nagari Sungai Langkok dan sekitarnya dengan 16 kali star masing-masing tim berjumlah empat orang. Setiap tim akan berlomba di jalur pacu kurang lebih 200 meter, jelas dia.

“Yang menjadi pembeda kegiatan ini dari tahun sebelumnya yakni jalur pacu yang lebih panjang, kemudian adanya satu jalur menikung sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta,” katanya.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi alternatif bagi warga Dharmasraya untuk mengisi waktu libur lebaran, selain itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, harapnya Iptu Iin Cendri.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Tiumang yang diwakili oleh Sekretaris Camat Marjilis, S.Sos, MM, Kapolsek Koto Baru Iptu Iin Cendri, SH, MM, Kepala Puskesmas Tiumang Hj. Roswita, SKM, MM, Walinagari Sungai Langkok Narin Imam beserta staf, Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Langkok Bripka Eko Tuis Susilo, Ninik mamak, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Nagari Sungai Langkok, dan Personil Pengamanan.(ha)

Post a Comment

0 Comments