Subdit Dalmas Ditsamapta Polda Sumbar Lakukan Latihan Pengendalian Massa

Subdit Dalmas Ditsamapta Polda Sumbar Lakukan Latihan Pengendalian Massa

Padang, Pionir—Seperti diketahui pengendalian massa (Dalmas) merupakan salah satu Fungsi Sabhara. Keberadaan fungsi Dalmas sangat dibutuhkan dalam menjaga ketertiban masyarakat.

Sementara itu fakta membuktikan kehadiran Dalmas sangat penting terutama dalam setiap kegiatan pengamanan unjuk rasa atau demonstrasi. Kehadiran Dalmas dalam pengamanan unjuk rasa diharapkan dapat mengurangi berkembangnya Potensi Gangguan (PG) menjadi Gangguan Nyata (GN).

Oleh karena itu Subdit Dalmas Direktorat Samapta Polda Sumbar melaksanakan latihan Dalmas bagi anggota Dalmas Polda Sumbar, di depan Gedung Rangkayo Basa, Lolong Padang, pada Selasa 24 Mei 2022, jam 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Kegiatan yang dipimpin oleh para Danton dan Komandan Kompi serta di kendalikan langsung oleh Kasubdit Dalmas Kompol DR. Budi Prayitno, SH, MH, dengan penanggungjawab Direktur Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Akmadi, SIK itu diikuti sekitar 60 anggota Dalmas Polda Sumbar.

Kata Kompol Budi Prayitno, dalam latihan Dalmas bagi anggota Dalmas Polda Sumbar itu dilengkapi dengan dua unit ranmor Raisa, dua unit ranmor APC, satu unit ranmor Security Barier, lima unit ranmor R2 Raimas, satu unit ranmor Truck Box dan satu unit ranmor  AWC.

Ia mengatakan, adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah berupa teori (Perundang-undangan dan Perkap tentang pengendalian massa). Kemudian praktek pengendalian massa (pormasi) dan penggunaan kendaraan serta penggunaan senjata Laras Licin (Flash Ball), serta Pepper Gun.

"Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah agar anggota Dalmas mengetahui dasar hukum pelaksanaan tugas Dalmas dalam penanganan unjuk rasa. Kemudian agar anggota Dalmas mahir serta trampil dalam menggunakan Alsus Dalmas. Selanjutnya agar anggota Dalmas siap sewaktu waktu diperlukan dalam penanganan unjuk rasa maupun kegiatan masyarakat lainnya,” terang Kompol Budi Prayitno. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments