Bakti Kesehatan Polres Pasaman Barat Laksanakan Kegiatan Donor Darah

Bakti Kesehatan Polres Pasaman Barat Laksanakan Kegiatan Donor Darah

Pasaman Barat, Pionir-– Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76, jajaran Kepolisian Resor Pasaman Barat menggelar kegiatan Bakti Kesehatan donor darah di lapangan indoor volley Polres Pasaman Barat, Selasa, (07/06/2022).

Kegiatan donor darah ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M dan didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Pasaman Barat Ny. Dewi Aries.

Usai menggelar aksi donor darah, Kapolres Pasaman Barat mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rangkaian dalam memperingati HUT Bhayangkara ke-76.

“Kegiatan bakti Kesehatan donor darah Polres Pasaman Barat ini dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76 dengan peserta donor darah hari ini adalah 48 orang dari personel Polres Pasaman Barat dan Bhayangkari Cabang Pasaman Barat serta anggota TNI dari Koramil 02 Simpang Empat, ujar AKBP M. Aries ketika peninjauan pelaksanaan donor darah tersebut. 

Kegiatan donor darah ini melibatkan Tim Kesehatan dari klinik Polres Pasaman Barat dan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pasaman Barat.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan sosial itu dilaksanakan melalui proses asesmen medis yang ketat.

Menurutnya, tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah sebab bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing–masing anggota.

"Tentu sebelum Donor Darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat. apalagi seperti kondisi saat pandemi ini," tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi hal–hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan juga penerapan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19.

"Pada pelaksanaan donor darah, yang pasti penerapan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat," katanya.

Selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, lanjut dia, bahwa kegiatan sosial dengan donor darah ini merupakan bentuk empati terhadap masyarakat. Selain itu, bertujuan untuk menanamkan kepada anggota Polri khususnya Polres Pasaman Barat untuk dapat memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah. Pasalnya, darah merupakan bagian penting dari manusia.

Ditambahkannya, bahwa ditengah pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat kesulitan mendapatkan darah karena jumlah pendonor tidak sebanding yang membutuhkan stok darah.

"Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di Kabupaten Pasaman Barat. Dengan demikian, diharapkan hal ini dapat bermanfaat dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan donor darah tersebut," pungkasnya. (HumasResPasbar)

Post a Comment

0 Comments