Polres Pariaman Upayakan Pelajar Menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Polres Pariaman Upayakan Pelajar Menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Pariaman Kota, Pionir—Untuk menumbuhkan kedisiplinan berlalu lintas kepada masyarakat, sebaiknya dilakukan sejak usia dini dengan cara memperkenalkan makna rambu lalu lintas yang ada biasa ditemukan di jalan raya kepada anak-anak.

Pernyataan itu disampaikan Kasat Binmas Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Haryani Bahri, SH pada Pionir, Kamis sore 16 Juni 2022.

Ia menegaskan, keselamatan dan persoalan berlalulintas adalah hal yang sangat penting untuk diperkenalkan keselamatan sejak usia dini. Karena kedisiplinan berlalu lintas memang sangat penting untuk keselamatan di jalan raya. Sebab, tidak sedikit nyawa melayang hanya akibat tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Seperti menerobos lampu merah, palang pintu perlintasan kereta api, hingga batas kecepatan yang dianjurkan.

“Untuk menumbuhkan kedisiplinan berlalu lintas pada masyarakat, sebaiknya dilakukan sejak dini dengan cara memperkenalkan makna rambu lalu lintas yang ada biasa ditemukan di jalan raya kepada anak-anak,” kata Haryani Bahri. 

Pengenalan sejak dini tentang kedisiplinan dan keselamatan di jalan, menurut Haryani Bahri, akan memberikan banyak dampak positif. 

"Pengenalan ini akan menjadi bekal mereka kelak dan diharapkan mereka akan menjadi generasi yang disiplin, tertib dan memahami arti keselamatan," ujarnya. 

Selain memberikan pengetahuan berlalulintas sejak dini, kata Haryani Bahri menambahkan, Polres Pariaman melalui Sat Binmas juga gencar melakukan sosialisasi keselamatan lalu lintas, kepada pelajar SMP dan SMA, karena mereka bisa diharap menjadi agen dan pelopor keselamatan berlalu lintas. 

Ia mengatakan, menurut catatan kepolisian, 81 persen kecelakaan disebabkan faktor manusia, dengan indikasi pelanggaran atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas, sisanya merupakan faktor teknis, alam dan lain sebagainya.

Untuk itu katanya, pada Kamis siang 16 Juni 2022, Sat Binmas Pores Pariaman melakukan sosialisasi di SMAN 1 Kota Pariaman.

Dalam sosialisasi yang langsung dipimpin Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri disampaikan bahwa bila masyarakat tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan, angka kecelakaan pun bisa ditekan, dan akan tercipta kondisi lalu lintas seperti yang kita inginkan bersama. 

“Dengan adanya sosialisasi keselamatan lalu lintas di SMAN 1 Kota Pariaman ini, saya berharap kalian dapat menjadi agen dan pelopor keselamatan berlalu lintas,” kata Haryani Bahri pada para pelajar di sekilah itu.  (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments