Polwan Puti Singgalang Tunjukan Ketegasan yang Humanis

Polwan Puti Singgalang Tunjukan Ketegasan yang Humanis

Padang, Pionir—Seperti diiketahui perang melawan Covid-19 masih belum berakhir, dan boleh jadi merupakan pertempuran tersulit yang pernah dilakukan umat manusia abad ini mengingat harus berhadapan dengan musuh yang tak terlihat.

Ada kalanya satu negara dianggap berhasil menangani pandemi Covid-19, namun pada satu waktu yang lain tiba-tiba harus menghadapi lonjakan kasus tak disangka-sangka. Maka menjadi sulit untuk mengklaim sebuah kemenangan dalam pertempuran yang belum usai.

Meski demikian Ditsamapta Polda Sumbar terus dalam keadaan waspada dan nyiyir mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6 M, memakai maske, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

Kata Kasubditgasum Ditsamapta Polda Sumbar Kompol Dedy Indrawan, A.Mk, yang dihubungi Pionirpada Rabu pagi 8 Juni 2022, dalam hal ini peran aparat dan penegak hukum memang menjadi sangat krusial dalam masa-masa pemberlakuan aturan pengetatan yang kerap kali mendatangkan konsekuensi yang kontroversial.

Namun demikian kata Dedy Indrawan, setidaknya ada pola-pola yang tergambar dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 yang dapat terus diterapkan di antaranya ketegasan, kedisiplinan, dan kepatuhan dalam menjalankan aturan.

“Seiring dengan itu Ditsamapta Polda Sumbar ingin menunjukan ketegasan tersebut, namun tetap mengedepankan sikap humanis. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menurunkan Polisi Wanita (Polwan) untuk melakukan patroli,” kata Dedy Indrawan.

Seperti patroli yang dilakukan Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar, pada Selasa 7 Juni 2002, dari pagi hngga siang hari.

Kata Dedy Indrawan, patroli yang dipimpin Aipda Feggia Rimendha beranggotakan Briptu Yuyun Yuliza, Bripda Putri Aulia Rahmadani dan Bripda Vannesa. JD menempuh rute Jalan Sudirman, Rasuna Said, Gor Haji Agus Salim, Raden Saleh, Juanda, sepanjang jalan Samudera, Pantai Padang, Purus serta jalan Ujung Gurun.

“Dalam patroli itu para Polwan Puti Singgalang mengimbauan masyarakat agar tetap mematuhi terhadap protokol kesehatan 6 M. Kemudian juga memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat, seperti memakai kunci ganda pada kendaraan bermotor yang diparkir, tidak memakai perhiasan secara berlebihan saat di luar rumah,” kata Dedy Indrawan.

Dikatakannya, dalam patroli itu Polwan Puti Singgalang juga mengimbau masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar melaksanakan vaksinasi gratis di Mapolda Sumbar yang melayani setiap hari Senin sampai Jum’at jam 08.00-12.00 WIB. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments