Sampah Diduga Jadi Pangkal Bala, Banjir Melanda Kelurahan Puhun

Sampah Diduga Jadi Pangkal Bala, Banjir Melanda Kelurahan Puhun

Bukittinggi, Pionir—Banjir yang menerjang rumah warga di Jalan Veteran, Kota Bukittinggi, pada Selasa 7 Juni 2022 itu masih membekas dalam ingatan masyarakat. Petaka itu datang bermula lantaran tanggul tanggul drainase di Jalan Veteran, RT 02 RW 05, Kelurahan Puhun Tembok, Kota Bukittinggi itu jebol sekitar pukul 16.00 WIB.

Kuat dugaan tanggul itu jebol karena tak kuat menahan debit air yang tinggi ketika drainase tersumbat karena sampah saat hujan mengguyur, yang mengakibatkan 24 rumah warga di sekitarnya diterjang air.

Begitu musibah itu datang melanda, Polsek Bukittinggi Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) pun tak hendak berdiam saja.

Dibawah pimpinan Kapolsek Kompol Hj Rita Surianti. SH, personel Polsek Kota Bukittinggi bahu membahu dengan tim BPBD, PU, SKPD terkait lainnya untuk membantu proses evakuasi.

Kata Kompol Rita Surianti yang dihubungi Pionir, Kamis 9 Juni 2022, saat itu Dinas Pekerjaan Umum harus mengerahkan satu alat berat dan satu dump truk untuk mengangkut semua sampah.

Bahkan kata Rita Surianti , Rabu sore 8 Juni 2022  warga bersama dengan instansi terkait masih bahu membahu mengangkut berbagai macam sampah tersebut.

“Bahkan Dinas Pekerjaan Umum harus mengerahkan satu alat berat dan satu dump truk untuk mengangkut semua sampah,” kata Rita Surianti.

Dari penelusuran Pionir, kuat dugaan bahwa sampahlah yang menjadi pangkal bala jebolonya drainase di Kelurahan Puhun Tembok tersebut.

Menurut seorang warga yang mengaku bernama Irwandi (52 tahun), sebenarnya persoalan sampah di saluran drainase tersebut merupakan persoalan menahun. Makanya tak mengherankan bila setiap hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Bukittinggi, berbagai macam sampah pasti berlalu di drainase depan rumahnya itu.

Irwandi berharap, semoga di balik musibah yang datang menimpa ada hikmahnya yang bisa dipetik oleh masyarakat. “Dengan jebolnya tanggul ini diharap menjadi peringatan bagi semua orang agar tidak membuang sampah sembarangan,” kata Irwandi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments