Polsek Sungai Geringging Ikuti Kegiatan Sosialisasi PNPM-MPd menjadi BUMD

Polsek Sungai Geringging Ikuti Kegiatan Sosialisasi PNPM-MPd menjadi BUMD

Sungai Geringging, Pionir—Kegiatan sosialisasi tranformasi Program Nasional Pemberdayaan Masyatakat - Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMD) bersama, tingkat Kecamatan Sungai Geringging baru saja dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Kuranji Hulu pada Rabu siang 20 Juli 2022 kemarin, .

Kata Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Bambang Adrian SH yang dihubungi Pionir, Kamis sore 2022, kegiatan tersebut juga diikuti Polsek Sungai Geringging yang diwakili oleh Aiptu Abdi selaku Bhabinkamtibmas Nagari Kuranji Hulu.

Kegiatan yang dipandu oleh Pendamping Kecamatan, Sovia tersebut, juga dihadiri dihadiri oleh Walinagari, Ketua Bamus dan anggota, Ketua KAN, Kelompok PNPM dan tokoh masyarakat.

Kata Iptu Bambang Adrian, Transformasi PNPM-MPd ke BUMD bersama merupakan wujud dari implementasi Peraturan Mentri Desa (Permendesa) Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 15 tahun 2021, tentang Tata Cara Pembentukan Pengelolaan Dana Bergulir Masyarakat (DBM). 

"Ini sebagai langkah pemerintah dalam pengelolaan keuangan Dana Bergulir Masyarakat, guna pembangunan desa yang berkelanjutan menuju desa atau nagari mandiri dan maju,” kata Bambang Adrian.

Pembetukan pengelola kegiatannya sendiri kata Bambang Adrian menambahkan, harus melalui tahapan serta mengedepankan prinsip-prinsip diantaranya; berkelanjutan, kepemilikan bersama masyarakat, partisipasif dan demokratis, sederhana, berpihak dan melindungi, keterbukaan dan kemandirian, kesetiakawanan sosial, kekeluargaan dan gotong-royong serta terkendali dan seimbang.

Seperti diketahui, pengelola kegiatan DBM menjadi BUMD bersama merupakan pengalihan seluruh rangkaian atau jalinan pelaku serta aturan dan mekanisme yang meliputi; aset eks DBM, kelembagaan, porsenil, pelaku, organisasi pengelola kegiatan, serta kegiatan dan usaha lainya dari DBM eks PNPM-MPd. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments