Personel Dalmas Dirsamapta Polda Sumbar Ikuti Donor Darah

iklan adsense

Personel Dalmas Dirsamapta Polda Sumbar Ikuti Donor Darah

Padang, Pionir— Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap 8 detik ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia dan setiap menitnya ada 10 orang yang menanti donasi donor darah.

WHO mencatat, Indonesia kekurangan jumlah produksi darah secara nasional, yaitu sekitar 500 ribu kantong tiap tahunnya. Bisa jadi kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor sukarela masih rendah. Padahal, banyak sekali manfaat rutin donor darah bagi kesehatan pendonornya.

Menyadari kenyataan ini, Subdit Dalmas Direktorat Samapta Polda Sumbar melaksanakan donor darah  dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun TNI ke-77 tahun 2022, Selasa  27  September 2022, di Trans Mart Jalan Khatib Sulaiman, Padang.

Kegiatan sosial ini dipimpin Kasubdit Dalmas Kasinego Subdit Dalmas Dirsamapta Polda Sumbar Kompol Maman Rosadi SH. 

"Alhamdulillah kegiatan ini mendapat antusias dari personel kita, setidaknya tercatat saat 49 orang personel yang bisa melaksanakan dinor darah saat itu,” kata maman Rosadi.

Maman Rosadi mengatakan, sebenarnya donor darah dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being), baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Lebih jauh lagi, kata Maman Rosadi, penelitian pun membuktikan berbagai manfaat donor darah terhadap kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin dengan jarak minimal 3 bulan. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments