Bhabinkamtibmas Polsek Sitiung Koto Agung Sukses Memediasi Warga yang Bertikai

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sitiung Koto Agung Sukses Memediasi  Warga yang Bertikai 

Sitiung, Pionir-- Peranan Bhabinkamtibmas tidak hanya menjaga ketertiban umum/penjaga kamtibmas ditengah masyarakat. Namun, peranan Bhabinkamtibmas juga diharapkan dapat berperan aktif dalam membimbing, membina serta menjadi mediator dalam penyelesaian masalah hukum warga di wilayah binaannya (Problem Solving).

Kata Bhabinkamtibmas Nagari Gunung Medan, Polsek Sitiung 1 Koto Agung Bripka Agus Sudaryatmo. SH pada Pionir, Problem Solving salah satu cara Bhabinkamtibmas dalam membantu menyelesaikan atau memecahkan permasalahan yang dialami oleh warga masyarakat, teknisnya  melalui musyawarah kekeluargaan sepanjang akibat yang ditimbulkan tidak berat, katanya.

Ia mencontohkan, disaat melakukan Problem Solving perselisihan antar warga di Jorong Seberang Mimpi Nagari Gunung Medan antara Yusmi dan Ruljawarman

Pada saat itu kata Agus Sudaryatmo kedua pelaku dipertemukan di Mapolsek dalam upaya memediasi ke dua belah pihak. Pada akhirnya kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai. Dan pelaku secara tertulis menyatakan tidak akan mengulangi lagi perbuatanya. Hal itu dinyatakan didepan anggota Bamus, ketua RT dan pemuda daerah setempat, katanya.

Dengan adanya kegiatan problem solving ini, permasalahan tersebut bisa di selesaikan secara musyawarah antara kedua belah pihak.

"Bhabinkamtimas hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya memberikan pesan atau imbauan kamtibmas, tetapi juga menjadi fasilisator dan mediator terhadap permasalahan warga," ungkapnya (Firman Sikumbang



iklan adsense

Post a Comment

0 Comments