Kapolsek Sungai Rumbai Hadiri Acara Program KBKR Khusus Daerah Perbatasan

iklan adsense

Kapolsek Sungai Rumbai Hadiri Acara Program KBKR Khusus Daerah Perbatasan

Sungai Rumbai, Pionir-- Kamis 1 Desember 2022 Kapolsek Sungai Rumbai AKP Suyanto. SH menghadiri acara Penggarapan Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Rerpoduksi KB dan KR  khusus daerah perbatasan. Kegiatan KBKR di selengarakan di Rumah Bidan EEN di Jorong Kampung Baru Nagari Sungai Rumbai Timur, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya.

Kegiatan KBKR itu dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat Famawati,ST.M.E, Kepala BKKBN Provinsi Jambi Dr.Munawi Ibrahim S.Kp M.Ph, Bupati Dharmasraya diwakili oleh Asisten II Bupati Dharmasraya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya diwakili oleh Staf, Camat Sungai Rumbai Afrizal Bakri. Sp.d, MM, Direktur RUSD Sungai Rumbai diwakili  Staf, KUA Kecamatan Sungai Rumbai M.Gazali.

Juga di ikuti oleh Kepala Puskesmas Sungai Rumbai, Kepala Puskesmas
Koto Besar, Koto Gadang, Koto Baru, Kepala Puskesmas Tiumang, Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Rumbai, undangan dari Provinsi Sumbar, Provinsi Jambi dan Kabupaten Dharmasraya, masyarakat /Ibuk- ibuk Kader TP TPK se Kecamatan Sungai Rumbai.

Kapolsek Sungai Rumbai AKP Suyanto. SH mengatakan pada Pionir, Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Rerpoduksi ini menjadi program inovatif yang strategis dalam mengejawantahkan program KKBPK secara paripurna di daerah perbatasan.

Pasalnya, Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Rerpoduksi inimenjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat.

Program KB  dan KR ini merupakan  Satuan  wilayah  setingkat dusun, Korong dan nagari atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program
Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dilakukan secara sistemik dan sistematis," ujarnya.

Dikatakanya , selain itu, manfaat 
Program KB  dan KR selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya kata Suyanto, program ini melibatkan semua sektor pembangunan.  Dengan kata lain, Program KB dan KR ini tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan, ucapnya

"Peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusuri melalui berbagi indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga," tuturnya

Sementara itu Asisten II Bupati Dharmasraya Drs  Yefrinaldi, MM dalam sambutanya mengucapan terimakasih kepada Kepala BKKBN Provinsi Jambi dan Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, serta Forkopimcam Sungai Rumbai atas terlaksananya kegiatan Keluarga Berencana dan Kesehatan Rerpoduksi ini. Secara pribadi ia mengatakan perlunya program Keluarga berencana dan Kesehatan rerpoduksi khusus di daerah perbatasan, sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan KB khususnya masyarakat Kecamatan Sungai Rumbai, umumnya di Kabupaten. Dharmasraya, tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments