Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Sampaikan Dampak Karhutla Kepada Masyarakat

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Sampaikan Dampak Karhutla Kepada Masyarakat

Sungai Rumbai, Pionir—Selasa 7 Maret 2023 itu Bhabinkamtibmas Nagari Bonjol, Polsek Sungai Rumbai Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat  (Sumbar) Aipda  Iradeswandi mensosialisasikan dampak pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaannya di Jorong Tuo Nagari Bonjol Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya.

Kata Aipda  Iradeswandi pada Pionir, upaya pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini terus kita lakukan untuk mengantisiapsi dampak yang di tumbulkan dari pembakaran tersebut.

"Pada dasarnya upaya ini adalah upaya bersama antara aparat dan masyarakat serta penyuluh Kehutanan untuk memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut," ucapnya.

Iradeswandi mengatakan, selaku Bhabinkamtibmas ia secara rutin melakukan patroli pencegahan, penanganan dan pengendalian terhadap kebakaran hutan dan lahan.

"Patroli ini bertujuan untuk melakukan evaluasi serta anev lokasi-lokasi yang rawan terhadap kebakaran lahan sehingga pada pelaksanaannya bisa menyentuh langsung kepada sasaran rawan kebakaran hutan dan lahan," ujarnya

Menurutnya, kegiatan patroli dan imbuan yang dilakukan benar-benar dapat  mencegah terjadinya karhutla mengingat kesadaran masyarakat yang masih kurang memahami dampak yang diakibatkan karena adanya karhutla.

"Tidak menutup kemungkinan masih adanya masyarakat yang melakukan kegiatan pembersihan lahan dengan cara dibakar. Jadi ini perlu dilakukan imbauan  secara rutin kepada mereka, bahwa membuka lahan dengan cara membakar dapat merusak alam dan mengganggu kesehatan,” ujarnya. (Firman Sikumbang


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments