Cegah Gangguan Kamtibmas Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan, Bhabinkamtibmas Polsek Sitiung 1 Koto Agung Lakukan Patroli Dialogis

iklan adsense

Cegah Gangguan Kamtibmas Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan, Bhabinkamtibmas Polsek Sitiung 1 Koto Agung Lakukan Patroli Dialogis

Sitiung 1 Koto Agung, Pionir--Untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1444 H Bhabinkamtibmas Nagari Ranah Palabi, Polsek Sitiung 1 Koto Agung, Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Bripka Prasetiyo WW bersama Babinsa dan Wali Nagari Ranah Palabi melaksanakan kegiatan patroli di daerah binaannya, Selasa 7 Maret 2023.

Patroli tersebut dilakukan selain untuk menjaga kondusifitas kamtibmas juga membuhul tali silahturahmi dengan masyarakat. Disamping itu juga mensosialisasikan kamtibmas terkait masuknya bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Pada kesempatan itu Bripka Prasetiyo WW bersama Babinsa dan Wali Nagari Ranah Palabi secara bersama sama melaksanakan patroli dialogis serta mensosialisasikan kamtibmas menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, ucapnya

Dikatakannya, menjelang datangnya bulan Ramadhan angka kriminalitas cukup tinggi, hal itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya angka kriminalitas itu. Pertama, meningkatnya kebutuhan masyarakat menjelang bulan Ramadan, untuk memenuhi kebutuhan itu, maka masyarakat rela melakukan apa pun/menghalalkan segala cara.

Selanjutnya, persoalan harga sembako dan kebutuhan yang meningkat dratis, pada akhirnya orang yang tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan semakin susah. Imbasnya disaat ada kesempatan mereka tidak segan- segan melibas apa yang ada didepan mereka, meski mereka tahu itu melanggar hukum. 

"Untuk memenuhi kebutuhan perut, mereka berani berbuat apa saja," ungkapnya.

Faktor inilah yang membuat tingginya angka kriminalitas. Selain itu mereka yang jauh dari penghayatan dan pengamalan agama memilih jalan pintas untuk medapatkan uang, meski menghalalkan segala cara.

Untuk itu Bripka Prasetiyo WW bersama Bhabinsa dan Wali Nagari Ranah Palabi mengimbau warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya guna mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang datangnya bulan Ramadhan.

”Saya berpesan apabila ada yang melihat atau menemui gangguan kamtibmas jangan ragu untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib agar segera ditindak lanjuti,” ujarnya.

Lanjut Bripka Prasetiyo WW mengatakan, pada kesempatan tersebut ia juga mensosialisasikan tentang penerapan prokes pencegahan covid-19. 

Kendati angka tularan Virus Covid-19 sudah menurun, namun upaya pencegahan penyebaran tetap dilakukan. Sebagai antisipasi penyebaran.

"Saat ini warga masyarakat banyak lengah dan mengabaikan protokol kesehatan. Padahal setelah vaksin, menerapkan protokol kesehatan juga di yakini sebagai kunci utama untuk mengantisipasi penularan," ungkapnya

Lebih lanjut Bripka Prasetiyo WW mengatakan, disamping untuk meningkatkan kewaspadaan, patroli dialogis ini juga diharapkan sebagai salah satu bentuk pendekatan Kepolisian kepada masyarakat dan diharapkan akan membuat masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kehadiran Polri ditengah-tengah mereka, tukasnya, (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments