Antisipasi Tindak Kriminalitas, Bhabinkamtibmas Ingatkan Warga Nagari Sikucua Barat untuk Selalu Menjaga Kamtibmas

iklan adsense

Antisipasi Tindak Kriminalitas, Bhabinkamtibmas Ingatkan Warga Nagari Sikucua Barat untuk Selalu Menjaga Kamtibmas

Kampung Dalam, Pionir - Kapolsek Kampung Dalam Iptu Jafri. SH, melalui Briptu Dahnil Khodrianto, SH Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Barat mengadakan giat Door to Door System/Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (DDS/THTS) dengan masyarakat binaannya di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucua Barat, Selasa (30/5/23).

Kegiatan yang diadakan di salah satu warung warga tersebut dimanfaatkan Briptu Dahnil Khodrianto untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtimas.

"Mengingat keadaan perekonomian masyarakat saat ini jauh merosot, akan dapat memicu terjadinya tindak kejahatan, yang disebabkan oleh faktor kebutuhan/ perekonomian", beber Dahnil Khodrianto.

Dijelaskannya lagi, bahwa faktor ekonomi menjadi pemicu kriminalitas pada saat ini, karena masyarakat cenderung menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan perut. Adanya pengangguran juga dapat menjadi faktor pendukung terjadinya tindak kriminalitas tersebut.

"Untuk itu, kami berharap agar masyarakat dapat mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing-masing, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” tambahnya.

Sedangkan pihak kepolisian dalam upaya penanggulangan dan pemecahan masalah kriminalitas ini dapat dilakukan secara preventif dan represif. Cara preventif, dilakukan dengan cara penanggulangan dengan mencegah seperti imbauan atau penyuluhan, sedangkan dengan cara represif, akan dilakukan dengan pola yang tegas dan keras, misalnya penangkapan, pungkasnya.(ha)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments