Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Berikan Pembekalan Saat MATSAMA

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Berikan Pembekalan Saat MATSAMA

Sungai Rumbai, Pionir—Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) juga dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

MATSAMA juga merupakan sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah. Seperti halnya dengan yang dilaksanakan di Ponpes Tarbiyatul Athfal, Nagari Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, pada Rabu pagi 12 Juli 2023.

Pada kesempatan ini, Kapolsek Sungai Rumbai, Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar), AKP Suyanto SH melalui Bhabinkamtibmas Nagari Koto Ranah Aipda Muspitar Ependi menyampaikan beberapa materi kepada siswa-siswi peserta didik baru Ponpes Tarbiyatul Athfal.

“Saat itu Aipda Muspitar Ependi menyampaikan materi mengenai kenakalan remaja khususnya kepada para siswa dan siswi baru Ponpes Tarbiyatul Athfal yang sedang menjalani masa Ta’aruf Siswa Madrasah,” ujar AKP Suyanto.

Di dalam judul materi tersebut, lanjut AKP Suyanto, Bhabinkamtibmas Aipda Muspitar Ependi menyampaikan pembahasan diantaranya bahaya narkoba, bahaya miras, pergaulan bebas, kejahatan tawuran, mencuri, pengabaian nasehat orang tua atau dewan guru, merokok dan bahaya terhadap kejahatan dalam dunia maya.

“Akhir-akhir ini para siswa dan siswi yang akan masuk ke jenjang sekolah lebih tinggi sering terjadi kenakalan remaja, oleh karena itu khusus di wilayah hukum Polsek Sungai Rumbai, terkait kenakalan remaja hanya terdiri dari faktor diri sendiri dan maupun pihak luar,” kata AKP Suyanto.

Untuk itu, kata AKP Suyanto, pihaknya selalu menghimbau kepada para pelajar yang saat ini sedang masuk masa Ta’aruf  Siswa Madrasah, Polri sebagai alat negara yakni mempunyai tugas memelihara kamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta sebagai penegak hukum kepada siapapun yang akan melakukan tindak pidana kejahatan dan pelanggaran.

“Saya berharap setelah selesai penyampaian materi ini agar para pelajar dapat mengenal hal-hal yang baik dan buruk yang baik bisa di ikuti, sedangkan yang buruk agar dihindari,” tutupnya. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments