Pantai Air Manis Yang Eksotis

iklan adsense
Pantai Air Manis yang Eksotis




Kota Padang awalnya merupakan kota perdagangan yang terkenal akan kisah Malin Kundang dan Siti Nurbaya. Di balik itu, kota Padang juga menyimpan pesona wisata yang menjadi daya tarik untuk berlibur.

Berlibur bersama keluarga ke Kota Padang, Sumatera Barat, jangan lupa singgah ke Pantai Air Manis. Tak hanya menikmati keindahan alam, destinasi wisata pantai ini juga menjadi wisata edukasi. Pasalnya di bagian barat Pantai Air Manis, terdapat batu Malin Kundang yang melegenda.

Cerita Malin Kundang begitu terkenal di seluruh Nusantara. Terlepas benar atau tidak, cerita ini mengandung hikmah, yaitu mengajarkan kepada semua anak untuk tidak durhaka kepada orang tua. Dari legenda ini, batu Malin Kundang menjadi daya tarik yang luar biasa di Pantai Air Manis.

Keunikan utama batu Malin Kundang terdapat pada bentuk batunya yang berwujud seperti seorang laki-laki yang sedang bersujud. Batu tersebut dipercaya adalah sosok Malin Kundang yang sedang meminta maaf kepada sang ibu.

Tak hanya itu, di sekitar Batu Malin Kundang juga terdapat barel dan tali besar yang telah diukir untuk menggambarkan kapal karam yang terdampar di pantai. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk berfoto di depan batu Malin Kundang itu.



Menurut masyarakat setempat, batu Malin Kundang adalah patung buatan untuk menarik wisatawan. Batu Malin Kundang yang asli benar-benar ada, namun berada di tengah laut. Selain batu Malin Kundang, di Pantai Air Manis juga terdapat penyewaan motor ATV. Motor ATV ini dapat dipakai berboncengan untuk menyusuri Pantai Air Manis.

Di pantai ini juga ada pulau kecil bernama Pulau Pisang Kecil. Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki menuju pulau seluas satu hektare itu. Namun jika sedang pasang, Anda harus naik perahu. Meski tak ada warga yang tinggal di Pulau Pisang Kecil, Anda bisa menemui banyak pondok pondok bambu yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menyantap bekal makanan yang dibawa.

Selain Pulau Pisang Kecil, ada pula Pulau Pisang Besar atau Pulau Pisang Gadang yang menawarkan pemandangan sun set yang indah dan romantis.

Tak seperti Pulau Pisang Kecil, pulau yang punya luas 25 hektare ini dihuni oleh warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Jaraknya sekitar dua kilometer dari Pantai Air Manis dan bisa disambangi dengan menaiki perahu motor sewaan.





 "Masih belum puas? Anda juga bisa berenang, bermain pasir, atau bahkan menjajal deretan kios di ujung pantai untuk berburu oleh-oleh. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments