POLRES MENTAWAI SEDIAKAN HAND SANITIZER SENDIRI

Polres Mentawai Sediakan Hand Sanitizer Sendiri 


  MENTAWAI, pionir--Kabar makin banyaknya masyarakat yang terpapar virus corona atau Covid-19 di berbagai provinsi, kabupeten dan kota di Indonesia, membuat masyarakat kemudian memborong hand sanitizer atau cairan pencuci tangan. 

    Fakta yang terjadi itu menyebabkan harga cairan antiseptik ini meroket, dan langka di pasaran. Namun Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menjelaskan salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona adalah dengan membersihkan tangan secara teratur, selain memakai cairan antiseptik pembersih tangan  (hand sanitizer) yang mengandung alkohol, bisa juga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

   Untuk itulah Polres Kepulauan Mentawai mengambil langkah-langkah pembuatan hand sanitizer sendiri. “Saat ini hand sanitizer menjadi semakin langka. Untuk itu kita membuatnya sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia," kata Wakapolres Mentawai Kompol Maman Rosadi SH, Jumat 20 Maret 2020. 

    Bakan kata Maman, Kapolres telah memerintahkan para Kabag, Kasat dan Kapolsek untuk segera menyiapkan tempat cuci seperti counter, untuk tamu dan anggota yang mau masuk ke kantor atau ruangan. "Intinya, semua yang akan memasuki kantor atau ruangan, wajib cuci tangan," kata Maman Rosadi. 

    Dikatakan Maman, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer sederhana adalah 50 mililter air yang berfungsi sebagai pelarut, 200 mililiter Ethanol berkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptik, satu sendok teh Carbomer untuk pengental, 33 mililiter Propylene glycol yang berfungsi sebagai pelembab, dan 3 tetes Triethanolamine yang berfungsi sebagai pengikat pH. 

    Formula ini kata Maman menambahkan, menghasilkan 250 mililter hand sanitizer berkadar alkohol 63 persen. Cara pembuatannya kata Maman, pertama dengan mencampurkan air dan Propylene glycol ke dalam wadah bersih (panci alumunium atau pinggan pyrex) sambil dipanaskan dan diaduk.

    Lalu tambahkan Carbomer sedikit demi sedikit sampai temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur dan larut sempurna. Setelah itu tambah Maman, adalah menambahkan Triethanolamine. Lalu penambahan ethanol sedikit demi sedikit. 

    Terakhir Maman Rosadi pun berharap masyarakat bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga kepanikan masyarakat terhadap penyebaran virus corona dan kelangkaan hand sanitizer bisa teratasi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.