KAPOLDA SUMBAR TAKJUB MELIHAT KEBUN PEPAYA ANGGOTA POLRI

Kapolda Sumbar Takjub Melihat Kebun Pepaya Anggota Polri

PADANG PARIAMAN, Pionir--Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno begitu takjub melihat kebun pepaya milik anggota Polri di Kabupaten Padang Pariaman, pada Kamis siang 11 Juni 2020. Selain kebun itu luas, Kapolda dan Gubernur Sumbar ini menyaksikan sendiri pohon pepaya itu berbuah lebat dan besar-besar.

Kedatangan Kapolda dan Gubernur Sumbar beserta rombongan itu disambut oleh Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana, M. Psi, Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arm. Heri Pujiyanto, S.Sos, PJU Polres Pariaman, Camat IV Koto Amal Syukur, SE beserta staff, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman S.P.t, MM, Kabid Ketahanan Pangan Pariaman Dawanis, SE, Kelompok Jabatan Fungsionel Padang Pariaman Arlius SP dan Koordinatir BPP Kecamatan IV Koto Amal Kaswarman S. 

Melihat “kemolekan” pepaya yang dihasilkan dari kebun yang awalnya “lahan mati” yang disulap menjadi lahan produktif oleh anggota Polri ini, tak mengherankan pula bila muncul hasrat Irjen Toni Harmanto untuk memetik pepaya yang yang sudah matang. 

Kesuksesan Kompol Jon Hendri yang merupakan Kasat Intelkam Polresta Padang dalam mengelola perkebunan pepaya dan jagung di lahan seluas 7 hektar dengan produksi panen 3,5 ton perminggu serta telah menyerap tenaga kerja sebanyak 8 orang dengan upah harian Rp85 ribu per hari itulah yang membuat Kapolda bersama Gubernur Sumbar datang bertandang ke Kabupaten Padang Pariman, guna menyaksikan dari dekat inovasi yang dilakukan anggota Polri itu dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. 
Menurut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.IK kepada Pionir, Jum’at 12 Juni 2020, awalnya, Kapolda bersama rombongan berkunjung ke lokasi baru penanaman bibit pepaya di Batu Basa Nagari III Koto Aur Malintang, kecamatanIV Koto Aur Malintang, kabupaten Padang Pariaman milik Kompol Jon Hendri, SH. 

“Di kebun milik Kompol Jon Hendri itu bapak Kapolda bersama Gubernur Sumbar dan rombongan juga melakukan penanaman bibit pertama pepaya secara serentak. Usai melakukan penanaman bibit pepaya secara bersama, rombongan kemudian melakukan peninjauan lokasi perkebunan pepaya dan jagung di Korong Padang Laring Barat Nagari III Koto Aur Malintang Utara,” kata Satake Bayu. 

Dikatakan Satake, usai dari lahan Kompol Jon Hendri, rombongan kembali melanjutkan perjalanannya ke Korong Lagan Condong Nagari Malai V Suku Timur, kecamatan Batang Gasan, kabupaten Padang Pariaman. 

“Di sini terdapat lahan sekitar 12 hektar yang dikelola oleh Brigadir Indel Supridi, salah satu anggota Polsek Sungai Limau Polres Pariaman. Lahan yang disewanya tersebut dikelola untuk ditanami jagung,” ungkap Satake. 

Dikatakannya, dari perkebunannya itu, Brigadir Indel Supridi yang merupakan Bhabinkamtibmas ini telah mempekerjakan karyawan tetap sebanyak 15 orang, dengan gaji harian Rp85.000 per hari dan hasil panen per tiga bulannya sekitar 50 ton. 

“Apa yang telah diperbuat oleh personel Polri tersebut sangat diapresiasi oleh bapak Kapolda. Hal ini lantaran mereka ikut berpartisipasi dalam menjaga ketahanan pangan. 

Selain menjaga ketahanan pangan, personel tersebut juga membantu perekonomian masyarakat setempat dengan mempekerjakannya," ungkap Satake Bayu. 

Satake mengatakan, Kapolda Sumbar berharap agar seluruh personel dapat memanfaatkan lahan yang ada di sekitar tempat tinggalnya yang terlihat kosong untuk dihidupkan kembali dan dijadikan lahan produktif. (Firman Sikumbang)
Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.