KAPOLDA SUMBAR TINJAU KAMPUNG TANGGUH PAYAKUMBUH

KAPOLDA SUMBAR TINJAU KAMPUNG TANGGUH PAYAKUMBUH

PAYAKUMBUH, Pionir--Guna membangun kesadaran masyarakat dalam menangani Covid-19 serta dapat menumbuhkan rasa gotong royong dan saling bantu antar sesama, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Aziz telah memerintahkan jajarannya di seluruh Indonesia untuk membangun “Kampung Tangguh Nusantara” di wilayah hukum masing-masing. 

Dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara itu Kapolri berharap diaktifkan Poskamling atas binaan Polri dan TNI, sehingga memberikan manfaat selain berfungsi mencegah atau screening masuk pendatang yang dumungkinkan membawa virus Covid-19 juga sebagai antisipasi tindak kriminalitas. 

Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, MH pun telah merespon instruksi Kapolri itu dengan memerintahkan jajarannya untuk membangun Kampung Tangguh Nusantara di wilayah hukum masing-masing. Kini hampir seluruh wilayah hukum Polda Sumbar telah memiliki Kampung Tangguh. Bahkan pada hari ini (Rabu 17 Juni 2020) Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, MH bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta Danrem/032 WBR Kolonel Inf Arief Gajah Mada, SE, MM datang meninjau Kampun Tangguh di kota Payakumbuh. 
Kedatangan pejabat dari Sumbar ini disambut Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.IK, MH dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya. Di sela-sela kegiatanya, Kapolres Payakumbuh kepada Pionir mengatakan, Kampung Tangguh yang baru dicanangkan di Payakumbuh ini terdapat di tiga kecamatan, yaitu Kelurahan Limbukan, Payakumbuh Selatan, Kelurahan Payobasuang Payakumbuh Timur, dan Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina. 

Sebelum melakukan kunjungan ke Kampung Tangguh Nusantara Perumnas Kubang Gajah, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Timur, yang hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 5 menit dari Mapolres Payakumbuh, Kapolda Sumbar bersama rombongan terlebih dulu meninjau standar pelayanan dan protokol kesehatan di Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Pelayanan Kepolisian Dalam Satu Atap, dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK), dilanjutkan dengan peresmian dan arahan kepada personel. 
Saat itu Kapolda juga meresmikan Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh yang terletak di belakang ruangan Kapolres, yang merupakan program Polri Peduli Ketahanan Pangan. Taman Pangan Terpadu mengintegrasikan pertanian, perikanan dan peternakan dalam satu tempat. 

Kemudian Kapolda Sumbar juga melakukan pembagian secara simbolis paket Sembako hasil ketahanan pangan personel Polres Payakumbuh. 
“Paket Sembako yang disiapkan sebanyak 100 paket, masing-masing paket terdiri dari beras 5 KG (beras polri tahap II), jeruk, telur ayam, telur itik, cabai, terong, ubi dan tomat,” kata Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan. 

Usai mengunjungi Kampung Tangguh Nusantara Perumnas Kubang Gajah, Gubernur, Kapolda dan Danrem meninjau Posko, sarana prasarana, dapur umum, lumbung pangan, taman pangan, panel data posko. 
“Saat itu bapak Gubernur, Kapolda dan Danrem, menulis pesan dan kesan untuk posko yang nantinya akan dipasang di Posko untuk motivasi relawan dalam meningkatkan kualitas kegiatan,” terang Dony Setiawan. 

Pada kesempatan ini Gubernur, Kapolda dan Danrem juga sempat memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah virus corona atau Covid-19. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.